beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

'Penyalin Cahaya' Hapus Nama Kru di Kredit Title Buntut Dugaan Pelecehan Seksual

Shelly Lisdya,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
'Penyalin Cahaya' Hapus Nama Kru di Kredit Title Buntut Dugaan Pelecehan Seksual
Image: Caption: Cuplikan scene Penyalin Cahaya. (Instagram/penyalincahaya)

Jakarta - Menjelang peluncuran film 'Penyalin Cahaya' di Netflix pada 13 Januari nanti, tim justru diterpa masalah karena salah satu kru diduga terlibat kasus pelecehan seksual. 

Ironisnya film garapan sutradara Wregas Bhanuteja ini mengangkat isu pelecehan seksual.

Perusahaan produksi 'Penyalin Cahaya', Rekata Studio dan Kaninga Pictures pun akhirnya mengeluarkan pernyataan sikap melalui Instagram pada Senin (10/1/2022).

Pihak 'Penyalin Cahaya' mengungkapkan bahwa mereka menerima laporan pelecehan seksual tersebut dari suatu komunitas. 

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari suatu komunitas yang mengelola pelaporan terhadap peristiwa pelecehan seksual, kami mendapati sebuah nama dari tim film 'Penyalin Cahaya' tercatat sebagai terlapor akan dugaan perbuatan di masa lalunya," tulisnya dalam Instagram, dikutip Selasa (11/1/2022).

Sebagai bentuk tanggung jawab, pihak 'Penyalin Cahaya' memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film dan di materi-materi publikasi film. 

"Kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film ‘Penyalin Cahaya’ dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film 'Penyalin Cahaya' dan Rekata Studio," lanjutnya.

Dalam pernyataannya, pihak 'Penyalin Cahaya' menegaskan bahwa mereka berusaha memberikan ruang aman dari pelecehan seksual, tak terkecuali dalam proses syuting. 

"Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas," kata tim Penyalin Cahaya.

"Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting film ‘Penyalin Cahaya’ yang berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami," lanjutnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait