Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Penyebab Muncul Jerawat di Dahi dan Cara Mengatasinya

Deandra Salsabila,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Penyebab Muncul Jerawat di Dahi dan Cara Mengatasinya
Image: Ilustrasi jerawat. (Freepik/goffkein)

Jakarta - Jerawat dapat tumbuh di bagian wajah manapun, termasuk di bagian dahi. Penyebab jerawat yang muncul di dahi bisa karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran, minyak, dan infeksi bakteri.

Seperti jerawat di bagian wajah lainnya, jerawat di dahi muncul ketika kelenjar sebasea yang memproduksi minyak wajah (sebum) tersumbat. Sumbatan ini dapat disebabkan karena tumpukan sebum itu sendiri atau sel kulit mati dan bakteri yang tidak sering dibersihkan.

Cara menghilangkan jerawat di dahi pun tergantung jenis jerawat dan tingkat keparahannya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di dahi:

1. Jangan memencet jerawat

1623724136-jerawat-di-alis---freepik-beststudio.jpgIlustrasi. (Freepik/beststudio)

Meskipun dikatakan memencet jerawat adalah cara menghilangkan jerawat di dahi dengan cepat, memencet jerawat justru dikhawatirkan dapat membuat kulit iritasi, serta memperparah kondisi jerawat yang kamu alami. Selain itu, kamu tidak dianjurkan sering menyentuh jerawat di dahi karena bisa berisiko memecahkan jerawat sehingga meninggalkan bekas luka di kemudian hari.

2. Gunakan bahan-bahan alami

1623723998-jerawat-di-alis---freepik.jpgIlustrasi Jerawat di Alis. (Freepik)

Cara menghilangkan jerawat di dahi dapat dengan penggunaan bahan-bahan alami. Namun, penggunaan bahan-bahan alami boleh digunakan untuk mengobati jerawat kecil di dahi atau jenis jerawat di jidat yang tidak terlalu parah. 

Beberapa obat jerawat alami yang dapat digunakan, antara lain lidah buaya, ekstrak teh hijau, tea tree oil, sari cuka apel, dan sari lemon atau jeruk nipis. Obat alami jerawat tersebut dianggap memiliki sifat anti radang, antioksidan, dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat di dahi. 

3. Lakukan kompres hangat

1623723944-jerawat-di-alis---freepik-jacomp.jpgIlustrasi. (Freepik/jacomp)

Mengompres area dahi yang berjerawat dengan air hangat dapat menjadi salah satu cara mengobati jerawat di dahi. Langkah ini dapat membantu meredakan rasa nyeri dan tidak nyaman karena muncul jerawat di kening.

Kamu dapat menggunakan handuk atau kain bersih yang telah dibasahi air hangat. Kemudian, tempelkan pada area dahi yang terdapat jerawat selama 15-20 menit, sebanyak tiga kali sehari.

4. Oleskan salep jerawat

1620711243-perawatan-kulit-berjerawat2---freepik.jpgIlustrasi. (Freepik)

Cara menghilangkan jerawat di dahi dengan cepat adalah dengan menggunakan salep jerawat. Jika jerawat kecil di dahi tidak begitu parah, kamu bisa membeli salep jerawat di apotek tanpa resep dokter yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. 

Biasanya, penggunaan salep jerawat tersebut bisa mengobati kondisi jerawat di dahi dalam 6-8 minggu pemakaian.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait