menu
user
URstyle

Pepsodent, FDI World Dental Federation & PDGI Kampanyekan Senyum Sehat

Eronika Dwi,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pepsodent, FDI World Dental Federation & PDGI Kampanyekan Senyum Sehat
Image: Ilustrasi Sikat Gigi. (Foto: Freepik/karlyukav)

Jakarta - Bekerja sama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Pepsodent menginisiasi kampanye senyum sehat untuk hidup yang lebih sehat melalui ajakan 'Yuk, Sikat Gigi Sekarang!'.

Kampanye ini bertujuan menyebarluaskan pentingnya menerapkan kebiasaan baik, seperti menyikat gigi dua kali sehari. 

Kampanye ini ingin mengingatkan bahwa aksi sederhana tersebut memiliki dampak yang signifikan bagi kesehatan gigi dan mulut, serta tubuh secara keseluruhan, terlebih di masa pandemi.  

Berdasarkan survei global Pepsodent terkait menjaga kesehatan di masa pandemi dengan melibatkan 6,7 ribu responden di delapan negara, rupanya menunjukkan fakta yang memprihatinkan.

Ditemukan bahwa 70 persen masyarakat Indonesia ternyata masih terfokus pada menjaga kesehatan fisik dan mental, sementara perawatan gigi dan mulut belum menjadi prioritas.

Bahkan, sebanyak 30 persen responden Indonesia mengaku pernah melewati sehari penuh tanpa menyikat gigi, umumnya disebabkan karena rasa malas (46 persen).

"Survei memperlihatkan bahwa responden Indonesia mengalami sejumlah keluhan seperti nyeri pada gigi, gusi atau mulut (31 persen) dan kemunculan karies baru (25 persen)," kata Head of Sustainable Living Beauty & Personal Care and Home Care Unilever Indonesia Foundation, Drg Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, dalam siaran pers yang diterima Urbanasia.  

Perilaku ini sangat disayangkan karena selain mengancam kesehatan gigi dan mulut, hal ini juga dapat meningkatkan risiko permasalahan kesehatan yang lebih serius.

"Kondisi ini semakin diperburuk karena banyak yang masih enggan memeriksakan diri dengan tingginya risiko penularan virus corona. Sebanyak 59% orang mengaku menghindari pergi ke dokter gigi meski giginya bermasalah," tambah drg. Mirah.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Drg R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM(K)MM juga menambahkan, rongga mulut itu sebagai tempatnya bakteri berkumpul.

"Apabila kita tidak sering membersihkannya bisa menimbulkan penyakit dan peradangan hingga ke jantung, otak, dan organ lainnya," jelasnya.

Untuk itu, kampanye 'Yuk, Sikat Gigi Sekarang!' diharapkan dapat membuka wawasan keluarga Indonesia, terutama orang tua sebagai agen perubahan untuk memahami eratnya kaitan kesehatan gigi dan mulut terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

"(Pepsodent) Percaya bahwa setiap senyuman begitu berarti, kami siap mengambil peran mendukung pemerintah melalui program kesehatan gigi dan mulut yang berkesinambungan," kata drg. Mirah.

Untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, Pepsodent juga mengajak seluruh dokter gigi dan mahasiswa kedokteran gigi di Indonesia untuk turut menyuarakan ajakan 'Yuk, Sikat Gigi Sekarang!' di media sosial.

"Pepsodent dan PDGI menyerukan 'Yuk, #SikatGigiSekarang!' dan mengajak sebanyak mungkin keluarga Indonesia untuk menjadi Pahlawan Senyum dengan membagikan momen menyikat gigi bersama keluarga dimulai dari 20 Maret 2021,” tutup drg. Mirah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait