Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Perbedaan CV dan Resume yang Wajib Diketahui Sebelum Melamar Kerja

Shelly Lisdya,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perbedaan CV dan Resume yang Wajib Diketahui Sebelum Melamar Kerja
Image: Curriculum vitae (ilustrasi: Freepik)

Jakarta - Melamar pekerjaan diwajibkan untuk mencantumkan CV dan resume. Namun, kerap kali pelamar masih kebingungan membedakan dua dokumen itu.

Mengutip dari laman Binus.ac.id, Curriculum Vitae merupakan dokumen yang berisi tentang informasi detail mengenai pelamar kerja. Informasi yang diberikan merupakan lingkup pendidikan dan pengalaman karier yang pernah ditempuh. 

Namun di beberapa perusahaan yang diminta bukanlah CV, melainkan resume mengenai informasi yang berkaitan dengan pelamar kerja. Kendati terlihat sama, namun CV dan resume merupakan dua hal yang berbeda. 

Baca Juga : 4 Pekerjaan Ini Bergaji Tinggi tapi Sepi Peminat, Bisa Kamu Coba!

Berikut perbedaan antara CV dan resume yang dikutip Urbanasia dari berbagai sumber, Senin (15/11/2021).

1. Isi Informasi

Meski terlihat sama, namun yang membedakan adalah kepadatan informasinya. Informasi dalam CV akan lebih mendetail, baik itu dari segi pendidikan yang sudah ditempuh, sertifikasi yang sudah didapatkan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, hobby dan bahkan minat yang anda miliki. 

Sedangkan resume, lebih menjelaskan secara singkat tentang pengalaman kerja dan latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi kerja yang ingin dilamar.

Baca Juga : Portugal Resmi Sahkan UU Larang Bos Hubungi Karyawan di Luar Jam Kerja

2. Isi Dokumen

Apabila menulis sebuah CV, tentunya akan membutuhkan dokumen lebih dari satu lembar, bisa memerlukan dua sampai tiga lembar sesuai dengan pengalaman, lain hal dengan resume yang hanya butuh satu lembar dokumen dengan informasi yang singkat namun lengkap.

3. Tujuan Pembuatan

Sesuai dengan isi dari informasinya, CV biasanya digunakan untuk beberapa keperluan seperti melamar kerja, menempuh pendidikan lanjut atau mencari beasiswa.

Sementara resume biasanya hanya digunakan untuk melamar pekerjaan saja, nantinya dokumen dari resume tersebut bisa langsung dapat diketahui bahwa pelamar sesuai atau tidak dengan pekerjaan yang dituju.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait