Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Perbedaan Nabi dan Rasul serta Tugasnya yang Perlu Diketahui

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perbedaan Nabi dan Rasul serta Tugasnya yang Perlu Diketahui
Image: Ilustrasi Al-Quran. (Unsplash/Anis Coquelet)

Jakarta - Perbedaan nabi dan rasul dapat ditemukan dalam sejumlah ayat suci Alquran. Meskipun ada perbedaan, Allah SWT telah memberikan perintah agar percaya terhadap keduanya yang sudah disebutkan dalam rukun iman. Berikut ini perbedaaan nabi dan rasul.

Nabi dan rasul ini sesungguhnya sama-sama menyerukan bagi umat manusia agar beriman kepada Allah SWT. Namun, dalam cara melakukannya ada perbedaan. 

Kali ini, Urbanasia akan membagikan informasi seputar perbedaan nabi dan rasul dari berbagai sumber, sebagai berikut. 

Perbedaan Nabi dan Rasul

Pengertian Nabi dan Rasul

Nabi merupakan seorang utusan Allah SWT yang membawa ajaran agama yang dibawa telah rasul sebelumnya. Nama sebutan lain dari nabi adalah orang yang menyampaikan berita gembira atau disebut basyir dan pembawa peringatan atau nadzir.

Rasul merupakan utusan, duta, atau kerap kali disebut dengan al mursalun, yaitu orang-orang yang dikirim dalam Al Quran. Rasul merupakan utusan Allah SWT yang memberikan ajaran mengenai agama atau wahyu baru terhadap masyarakat umum.

Perbedaannya adalah nabi tidak diperingatkan menyampaikan wahyu yang diterima pada umat. Sementara itu, rasul menerima wahyu bagi diri sendiri dan juga  menyampaikan terhadap kaumnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait