Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Macam-macam Sholawat Nabi dan Manfaat Membacanya

Elga Nurmutia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Macam-macam Sholawat Nabi dan Manfaat Membacanya
Image: Ilustrasi Berdoa. Sumber: Freepik/Jcomp

Jakarta - Sholawat Nabi biasanya dibacakan dalam sebuah kesempatan dikarenakan bacaan tersebut bermanfaat. Manfaat membaca sholawat nabi ini bisa dirasakan oleh pembaca dan juga orang yang mendengarkannya ketika dibacakan di hadapan orang banyak.

Adapun sejumlah manfaat dari sholawat Nabi yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2021), sebagai berikut.

Manfaat dari Sholawat Nabi

Berikut ini merupakan manfaat Sholawat Nabi, yaitu:

  • Bagi mereka yang melantunkan sholawat Nabi dijelaskan juga memiliki sebuah persamaan kegiatan yang dilakukan oleh para malaikat yang juga bersholawat bersama Nabi Muhammad SAW.  Artinya, orang-orang melantunkan sholawat Nabi ini akan diberikan secercah cahaya serta mereka juga dapat membentuk sejumlah sifat yang ada pada  malaikat pada dirinya.
  • Mereka yang melantunkan sholawat juga mendapat kebaikan dari Allah SWT
  • Mereka yang bersholawat nabi juga akan mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. Hal itu terdapat pada Surat Al Ahzab ayat 5, yang artinya:
    "Sungguh Allah dan malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."
  • Mereka yang bershalawat juga mendapat 10 catatan amal dalam kebaikan. Hal tersebut terdapat pada Hadits Riwayat Muslim sebagai berikut:
    Man shollu ala wahidatan shallallahu alaihi katsiran. Artinya: “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali."
  • Sholawat membuat kita sadar akan kekhilafan dan juga kesalahan. Maka, akan membuat kita dapat terhindar dari kesalahan yang sama dikarenakan bisa cepat sadar dari kesalahan serta kekhilafan dan belajar dari hal tersebut.
  • Sholawat Nabi juga mampu mendekatkan derajat kita menjadi semakin dekat dengan Allah SWT.
  • Sholawat Nabi menjadikan diri lebih tenang sehingga mampu untuk berpikir jernih dalam mencukupi kebutuhan duniawi baik ukhrawi.
  • Selain itu, bagi orang yang bersholawat juga mendapatkan pengampunan mengenai dosa yang telah diperbuat.

Macam-macam Sholawat Nabi

Berikut ini merupakan sholawat Nabi yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sholawat Nariyah

ALLAHUMMA SHOLLI SHOLAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAN TAAMMAN ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADINIL LAZI TANHALLU BIHIL’UQODU WATANFARIJU BIHIL KUROBU WATUQDHOO BIHIL HAWAIJU WATUNALU BIHIR ROGHOIB WA HUSNUL KHOWATIMI WAYUSTASQOL GHOMAAMU BIWAJHIHIL KARIIMI WA’ALAA AALIHI WASHOHBIHI FII KULLI LAMHATIN WA NAFASIN BI’ADADI KULLI MAKLUMIN LAKA.

Artinya : Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

2. Sholawat Fatih

ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMADINIL FATIHI LIMA UGHLIQO WAL KHOTIMI LIMA SABAQO, NASHIRIL HAQQI BIL HAQQI WAL HADI ILA SHIROTIKAL MUSTAQIM WA ALA ALIHI HAQQO QODRIHI WA MIQ DARI HIL ADZIM

Artinya : Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalanMu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.

3. Shalawat Quthbul Aqhtob

ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL AWWALINA WA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL AKHIRIN WASALLIM ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN FIL NABIYYIN WA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL MURSALIN, WA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN FIL MALAIL A'LAA ILAA YAUMIDDIIN.

Artinya : Ya Allah, berikan rahmat ta'dzim kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, di masa-masa permulaan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW, di masa-masa penghabisan dan berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai utusan serta berikan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada orang-orang yang memiliki kemuliaan sampai hari kiamat.

4. Sholawat Mukafa'ah

ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMADIN WA ‘ALA ALIHI SAYYIDINA MUHAMMAD, SHOLATAN MAQBULATAN TUADDI BIHA ‘ANNA HAQQO HUL ‘ADZIM

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.

5. Sholawat Ibrohimiyah

ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMAD WA’ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA SHALLAITA ‘ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIM WA’ALAA AALI SAYYIDINAA IBRAAHIIM WABAARIK ‘ALAA AALI SAYYIDINAA MUHAMMADIN KAMAA BARAKTA ‘ALAA SAYYIDINA ’ALAA SAYYIDINAA IBRAAHIIM WA ‘ALAA AALI SAYYIDINA IBRAHIM, FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUN MAJIID.

Artinya : Ya Allah , berilah kasih sayang kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan keluarganya diantara makhluk makhluk mu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.

6. Sholawat Ma'tsuroh

ALLAAHUMMA SHOLLI ‘ALAA MUHAMMADIN NABIYYIL UMMIYYI WA ‘ALAA AALIHI WASALLIM

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.

Nah, itu dia informasi yang bisa Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait