Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Perbedaan Vegan Kosmetik dan Cruelty-Free yang Perlu Diketahui

Dyta Nabilah,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Perbedaan Vegan Kosmetik dan Cruelty-Free yang Perlu Diketahui
Image: Beda Kosmetik Curelty-Free dan Vegan (Unsplash/EcoWarriorPrincess)

Jakarta - Mungkin kamu sudah sering melihat klaim produk kosmetik, seperti cruelty-free dan vegan. Namun, apakah klaim tersebut benar-benar dipahami ketika memilih opsi kosmetik yang aman?

Banyak yang salah mengartikan bahwa vegan itu sama seperti cruelty-free. Padahal, keduanya sangat berbeda dalam segi proses pembuatan produk kosmetik maupun bahannya.

Cruelty-free merupakan sertifikasi dan klaim yang diberikan pada produk yang tak melewati uji coba pada hewan. Perusahaan kecantikan mengalihkan pengujian kepada pihak ketiga. 

Baik konsumen maupun penyedia kosmetik sepakat jika pengujian produk pada hewan merupakan kekejaman. Maka dari itu, merek kosmetik terkenal seperti Kylie Cosmetics hingga Fenty pun benar-benar menyuarakan klaim cruelty-free.

Coba bayangkan mata, kulit, tenggorokan hewan seperti kelinci maupun tikus diberikan bahan kimia yang belum tentu cocok dengan mereka. Belum lagi adanya pembunuhan usai pengujian selesai. 

1628758400-crueltyfreekitty.jpgSumber: Cruelty-free merupakan sertifikasi dan klaim yang diberikan pada produk yang tak melewati uji coba pada hewan. (Instagram @rueltyfreekitty)

Namun, kosmetik yang cruelty-free belum tentu vegan. Klaim tersebut hanya ditujukan untuk proses pengujian kosmetiknya saja, bukan dari bahan-bahan di dalamnya.

Sedangkan, kosmetik vegan tidak mengandung bahan hewani dalam produknya. Sehingga produk tersebut hanya berasal dari tumbuh-tumbuhan saja.

Meskipun vegan, belum tentu ketika pengujian kosmetiknya bebas kekejaman hewan, begitu juga sebaliknya. 

Dilansir dari Ethical Elephant, hal ini pernah terjadi pada 2017, yang mana salah satu produk shampoo mengatakan 100% vegan pada kemasannya. Tetapi, produk tersebut tetap melakukan pengujian pada hewan.

Begitu juga dengan produk lipstik dari merk terkenal yang punya klaim cruelty-free. Namun, produk tersebut mengandung beberapa bahan hewani, seperti lilin lebah, carmine, atau lanolin. 

Maka dari itu, jika kamu memang mencari produk kosmetik yang tidak melakukan pengujian pada hewan dan bebas bahan hewani, jangan lupa untuk cermat ketika melihat sertifikasi yang tertera pada kemasannya, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait