Hot News

Jakarta - Hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship bisa berakibat buruk, baik secara fisik maupun mental. Kondisi ini berhubungan dengan sikap atau perilaku yang ‘beracun’, yang akan membuat hubungan dengan pasangan nggak bahagia.

Dengan sikap atau perilaku yang merugikan, menyakiti, menyiksa, atau tidak menyenangkan, hubungan akan berpotensi menjadi beban, yang bikin kamu dan pacar merasa nggak nyaman.

Sikap toxic dalam pacaran seringnya terlihat sebagai kebiasaan yang umum dilakukan oleh seseorang kepada pacarnya. Namun, meski biasa dilakukan, sikap-sikap toxic berikut sebaiknya dihindari, guys.

1. Menyadap Ponsel Pacar

1599616506-sikap-toxic3.jpgSumber: Menyadap Ponsel Pacar. (Freepik)

Saat ini begitu banyak aplikasi yang tersedia untuk menyadap, mengkloning, atau mengakses ponsel orang lain. Selain melanggar privasi, menyadap ponsel orang lain juga bisa menjadi pelanggaran hukum loh, guys. Meskipun itu dilakukan kepada pacar sendiri.

Lagipula, dengan mengetahui interaksi pacar di chat maupun media sosial, nggak ada sisi positifnya, kok. Yang ada kamu bakalan lebih curiga pada pembicaraan-pembicaraan yang kamu nggak tahu konteksnya. Atau, sudah berprasangka buruk duluan waktu ada kontak yang kamu nggak kenal. Ini semua bakal bikin kamu merasa sakit hati dan gelisah.

Belum lagi, saat pacar tahu kamu melakukan ini tanpa sepengetahuan dia, bisa-bisa hubungan bubar jalan.

2. Menyortir Teman Pacar di Media Sosial

1599616520-sikap-toxic2.jpgSumber: Menyortir Teman Pacar di Media Sosial. (Freepik)

Saking keponya, kamu niat banget melihat satu per satu teman pacar kamu di media sosial. Terus, yang kelihatannya menarik, kamu hapus dari daftar pertemanan. Melihat pacar follow teman lawan jenis, kamu langsung pasang kuda-kuda dan diam-diam mengubahnya jadi unfollow.

Kamu juga melarang pacar untuk menyimpan nomor telepon teman lawan jenisnya. Wah, ini namanya udah insecure tingkat tinggi, guys. Padahal, dengan berteman atau menyimpan nomor telepon orang lain, belum tentu juga kan pacar bakal terus intens berkomunikasi dengan mereka?

3. Membatasi Pergaulan Pacar

1599616563-sikap-toxic8.jpgSumber: Membatasi Pergaulan Pacar. (Freepik)

Sikap toxic yang dapat terlihat sepele adalah membatasi pergaulan. Kamu hanya memperbolehkan pacar hangout dengan orang-orang tertentu yang sudah kamu kenal dan tentunya harus teman sejenis. Teman lawan jenis langsung kamu anggap ancaman yang wajib dijauhkan dari sang pacar.

4. Memonitor Kegiatan Pacar

1599616536-sikap-toxic5.jpgSumber: Memonitor Kegiatan Pacar. (Freepik)

Biar kamu merasa aman dan tenang, kamu terus menerus menghubungi pacar dengan video call agar bisa memonitor pacar lagi ngapain, di mana, dan sama siapa. Kalau sampai nggak dijawab video callmu, kamu pun langsung marah-marah dan menuduh pacar lagi selingkuh. Duh! Kebiasaan ini bakal bikin pacar nggak nyaman banget, guys. Selain itu, kamu dan dia jadi nggak bisa menghabiskan hari dengan produktif kan?

5. Melacak Keberadaan Pacar

1599616542-sikap-toxic4.jpgSumber: Melacak Keberadaan Pacar, (Freepik)

Biar pacar ‘nggak macam-macam’, kamu memintanya untuk memasang aplikasi yang bisa melacak keberadaan dia setiap saat. Ketika pacar berada di sebuah tempat yang kamu nggak familiar, kamu pun langsung menelponnya untuk menanyakan sedang apa dia di tempat tersebut. Setiap saat kamu cuma sibuk mengecek lokasi pacar hingga mengesampingkan aktivitas lain.

6. Melarang Pacar Berteman dengan Lawan Jenis

1599616527-sikap-toxic7.jpgSumber: Melarang Pacar Berteman dengan Lawan Jenis. (Freepik)

Meski telah memiliki komitmen denganmu, pacar juga tetap adalah pribadi yang mandiri loh, guys. Jadi, dia juga punya urusan dan dunia yang lain selain hubungan dengan kamu. Membatasi hubungan pacar dengan orang lain terutama lawan jenis, bakal menyulitkan dia dalam beraktivitas sehari-hari. Memberi kepercayaan padanya akan jauh lebih menyenangkan ketimbang bersikap posesif.

7. Mencurigai Mantan Sang Pacar

1599616551-sikap-toxic6.jpgSumber: Mencurigai Mantan Sang Pacar. (Freepik)

Mantan memang sering jadi momok buat pasangan. Tapi, nggak semua mantan bakal jadi ancaman, kok. Nggak sedikit orang yang bisa berteman dengan mantan pacarnya, tanpa ada perasaan khusus lagi. Karena itu, kamu nggak perlu mencurigai semua mantannya, apalagi sampai ngeblok nomor telepon, dan media sosial dari mantan sang pacar, kecuali ada alasan yang sangat kuat, seperti salah satu masih menyimpan rasa.


Loading ..