Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Pertama Kali Universitas Brawijaya Jadi Tuan Rumah KMI Expo XII 2021

Shelly Lisdya,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pertama Kali Universitas Brawijaya Jadi Tuan Rumah KMI Expo XII 2021
Image: Konferensi pers KMI Expo XII 2021 di UB. (Foto: Lisdya/Urbanasia)

Malang - Universitas Brawijaya (UB) tahun ini terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII.

KMI Expo yang berlangsung tanggal 17 hingga 19 November ini merupakan program tahunan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk memunculkan dan meningkatkan potensi kewirausahaan yang dimiliki para mahasiswa.

KMI Expo XII 2021 yang bertema “Collaboration and Sinergy” ini diharapkan dapat menciptakan ruang untuk berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi guna mewujudkan keselarasan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang. 

Wakil Rektor (WR) III UB, Abdul Hakim menjelaskan pelaksanaan KMI Expo ini berlangsung selama tiga hari dengan sistem blended (online dan offline).

Peserta expo yang mendaftar mencapai 200 perguruan tinggi lebih, namun yang terseleksi untuk mengikuti expo secara offline sebanyak 127 perguruan tinggi. Karena masih suasana pandemi COVID-19, peserta dan pengunjung  stand expo dibatasi dan wajib mematuhi protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Sedangkan peserta yang tidak bisa hadir di arena expo, dapat mengikutinya secara online melalui chanel YouTube Universitas Brawijaya atau UBTV.

Hakim menjelaskan bahwa KMI Expo ini adalah acara puncak dari dua kegiatan utama yakni Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Akselerasi Starup Mahasiswa Indonesia (ASMI).

Nantinya empat sub kategori yang dilombakan dan dipamerkan dalam bentuk stand pameran. Stand pameran tersebut juga dilombakan.

"Ini diselenggarakan setiap tahun dan dipamerkan dengan tuan rumah berbeda-beda. Dan ini pertama kali UB jadi tuan rumah," katanya dalam konferensi pers, Selasa (16/11/2021).

KMI Expo 2021 yang digelar di lapangan UB dan Gedung Samantha Krida ini terbagi dalam kegiatan utama dan pendukung.

Kegiatan utama berisi pameran dan bazar produk, KMI Award, lomba start up, dan PWMI (Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia). Sedangkan kegiatan pendukung berupa kompetisi poster, essay, business case, kompetisi cafe mahasiswa Indonesia, dan TikTok kewirausahaan.

Kemudian kegiatan non kompetisi menarik lainnya berupa kuliah umum kewirausahaan, talkshow kewirausahaan, sarasehan forkomawa, sarasehan BH forum pengelola program kewirausahaan mahasiswa Indonesia, serta sarasehan PWMI.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait