beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Peta Pikiran: Definisi, Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Peta Pikiran: Definisi, Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Ada banyak metode yang dapat digunakan saat belajar agar materi lebih mudah dipahami, salah satunya dengan peta pikiran. Sederhananya, peta pikiran adalah penyajian atau penyampaian ide, konsep, maupun informasi secara visual.

Dengan kata lain, informasi pada peta pikiran atau yang lebih dikenal dengan sebutan mind mapping ini lebih banyak disajikan dalam bentuk gambar atau diagram ketimbang tulisan. 

Tujuannya untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri sehingga informasi tersebut dapat lebih mudah dipahami. Agar tidak bingung, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Peta Pikiran?

Peta pemikiran atau mind mapping merupakan alat berpikir organisasional yang dimiliki manusia untuk memudahkan seseorang dalam menempatkan berbagai pikiran atau informasi yang ada di dalam ingatannya. Dengan demikian seseorang mampu mengambil informasi sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan waktu kapan ia akan membutuhkannya.

Peta pikiran merupakan sebuah diagram yang menggambarkan secara visual mengenai ide, informasi, konsep, atau berbagai hal lain. Setiap ide, informasi, konsep, dan lain sebagainya berada di dalam sebuah kotak atau peta pikiran yang saling berhubungan satu sama lain dan terorganisasi dengan adanya garis atau link.

Analoginya seperti ini. Ketika kamu melihat sebuah peta atau map, baik itu di buku, dinding, dan lain sebagainya, maka kamu akan membayangkan ada nama kota atau daerah di dalam peta tersebut yang biasanya berada di sebuah kotak atau lingkaran. Kemudian di dalam kotak atau lingkaran tersebut akan terhubung dengan kota atau daerah satu sama lain.

Seperti itulah gambaran dari peta pemikiran atau mind mapping  yang penting untuk dibentuk dan diorganisasikan. Peta pikiran merupakan sebuah teknik dalam menyusun catatan demi membantu seseorang menggunakan seluruh potensi di otaknya agar berjalan secara optimum.

Manfaat dan Fungsi Peta Pikiran

Dibuatnya peta pikiran tentu memiliki manfaat dan fungsi untuk memudahkan kamu. Berikut ini adalah manfaat dan fungsi dari peta pemikiran.

1. Memperkuat Memori

Dibuatnya peta pemikiran atau peta pikiran adalah untuk menyusun rapi berbagai teks atau informasi, daripada harus membacanya secara panjang dan bertele-tele. Oleh sebab itu, adanya peta pemikiran ini mengasah imajinasi, kreativitas, bahkan visualisasi menjadi dominasi otak kanan yang berperan aktif daripada otak kiri.

Ketika imajinasi dan kreativitas seseorang terasah, maka memori bawah sadar akan aktif. Itu sebabnya pembuatan peta pemikiran ini lebih mudah membuat kamu mampu mengingat sesuatu dengan mudah menggunakan peta pemikiran dibandingkan membaca satu halaman teks penuh.

2. Lebih Mudah Memahami Konsep

Selain mampu memperkuat memori, membuat peta pemikiran juga membuat seseorang mampu memahami hubungan antar-konsep dengan lebih baik. Misalnya saja saat di kelas dan mempelajari mata kuliah tertentu. Tentu kamu akan lebih paham dengan konsep yang disajikan dengan ringkas dan juga tersusun secara rapi dibandingkan membaca satu buku penuh.

Oleh sebab itu, penggunaan peta pemikiran ini sangat bermanfaat agar siapa saja yang memiliki kebutuhan mendapatkan informasi dapat dengan mudah memahami materi atau informasi yang disajikan dengan diagram atau gambar atau ilustrasi pada peta pemikiran.

3. Belajar Jadi Lebih Menyenangkan

Dengan mampu memiliki daya ingat yang baik dan bahkan lebih mudah dalam memahami konsep, tentu saja proses belajar dan mengajar lebih menyenangkan. Guru tidak akan bosan dalam menjelaskan informasi, siswa juga dengan mudah dan lebih menyenangkan menerima materi yang memiliki inovasi dengan baik.

Cara Membuat Peta Pikiran

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait