menu
user
URnews

Polda Jatim Luncurkan 10 Inovasi Layanan Canggih ETLE dan INCAR

Nivita Saldyni,
30 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Polda Jatim Luncurkan 10 Inovasi Layanan Canggih ETLE dan INCAR
Image: Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta (tengah) dalam peluncuran Inovasi Ditlantas Polda Jatim di Surabaya, Selasa (23/3/2021). (Dok. Humas Polri)

Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) kembali memperkenalkan inovasi terbarunya, Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR). Implementasi program Electronic Trafic Law Enforcement (ETLE) milik Direktorat Lalulintas Polda Jatim diluncurkan bersama 10 inovasi pelayanan canggih lainnya di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Selasa (23/3/2021).

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, hadirnya INCAR bakal mempermudah pelaksanaan penindakan pelanggaran lalu lintas. Sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih nyaman karena keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Jatim terjaga.

"Program presisi bapak Kapolri khususnya di Jawa Timur bisa berjalan, dan rakyat pun juga bisa terlayani lebih baik, dari keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di Jawa Timur juga bisa menjadi lebih baik lagi," kata Nico di sela-sela peluncuran.

Sementara Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, Kombes Pol M Latif Usman menambahkan, INCAR adalah pengembangan dari ETLE. Keduanya saling melengkapi karena INCAR adalah ETLE portable yang bisa bergerak ke mana saja.

"Tujuan dari pada INCAR, tentunya seluruh pelanggaran-pelanggaran di ruas jalan yang belum terpasang ETLE bisa kami cover. Jadi seluruh pelanggaran-pelanggaran bisa kami cover," kata Latif.

Keberadaan INCAR ini diharapkan bukan hanya bisa menekan angka pelanggaran lalu lintas, tapi juga mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas di Jatim.

"Nah, saya harapkan INCAR ini betul-betul bisa menjadi alat menekan angka laka lantas. Di mana saja seluruh pelanggaran bisa kami deteksi," tegasnya.

Nah INCAR akan dipasang pada kamera di setiap kendaraan polisi. Menariknya, alat ini dilengkapi teknologi untuk mendeteksi wajah yang terintegrasi dengan data Electronic Registration and Identification (ERI). Jadi saat seseorang terdeteksi INCAR, petugas bisa dengan mudah mengetahui nama, alamat, dan kepemilikan SIM-nya. Jadi yang gak punya SIM bisa ketahuan nih guys.

"Alat ini bisa membaca plat nomor yang ada. Sehingga dapat terkoneksi dengan data Electronic Registration and Identification (ERI) Korps Lalu Lintas (Korlantas) seluruh data, kendaraan yang beroperasional di Jawa Timur. Adanya ETLE terkoneksi nasional, bisa terdeteksi semuanya," jelasnya.

Dengan kemampuan tersebut, alat ini juga bisa mendeteksi apakah kendaraan yang digunakan resmi atau tidak loh. Kalau pajaknya belum dibayar juga bisa ketahuan nih guys.

"INCAR saat ini sudah terkoneksi dengan database SIM. Selain itu, INCAR ini juga bisa terkoneksi dengan Traffic Attitude Record (TAR). Jadi seseorang yang mau memperpanjang SIM akan dilihat, dalam lima tahun berapa kali melakukan pelanggaran, itu sudah bisa terdeteksi," tutupnya.

Wih keren banget gak tuh? Oh iya, Urbanreaders juga harus tahu nih kalau pemberlakuan ETLE telah resmi diperluas di 55 titik. Masing-masing tersebar di Kota Surabaya sebanyak 39 titik, Kabupaten Gresik lima titik, Kota Madiun empat titik, Kabupaten Sidoarjo tiga titik, Kabupaten Lamongan dua titik, serta Kota Batu dan Tulungagung masing-masing satu titik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait