menu
user
URnews

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Mal-Resto Buka Hingga Pukul 8 Malam

Healza Kurnia H,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Mal-Resto Buka Hingga Pukul 8 Malam
Image: Pengunjung berbelanja di Plaza Blok M (Dok. Plaza Blok M)

Jakarta - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali akan segera berakhir tanggal 25 Januari 2021 mendatang.

Namun, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (21/1/2021) siang tadi resmi memperpanjang PPKM dari 26 Januari hingga 8 Februari 2021, guys. 

Akan tetapi, ada perubahan untuk jam operasional mal dan restoran yang awalnya dibatasi hingga pukul 19.00 WIB, kini menjadi pukul 20.00 WIB.

"Pembatasan operasional mal dan restoran, karena di beberapa daerah agak flat maka diubah menjadi jam 20.00," ujar Airlangga dalam YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/1/2021).

Airlangga juga menegaskan selain mal dan restoran, sektor lain masih sama seperti aturan yang berlaku sebelumnya dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam rangka PSBB Jawa Bali.

Airlangga memaparkan restoran tetap diizinkan melayani pesan-antar atau pemesanan dibawa pulang sesuai dengan jam operasional restoran.

Selain itu, kegiatan di kantor juga dibatasi hanya 25 persen dari total kapasitas gedung. Artinya, 75 persen karyawan harus bekerja dari rumah (work from home/wfh).

Begitu juga dengan kegiatan belajar yang wajib dilaksanakan secara daring (online).

Namun, untuk sektor esensial yang berkaitan dengan kebutuhan pokok tetap diizinkan untuk beroperasi 100 persen dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Kemudian, pemerintah juga mengizinkan kegiatan konstruksi 100 persen. Namun, hal itu harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Lalu, kegiatan di tempat ibadah juga masih diperbolehkan. Hanya saja, kapasitasnya cuma 50 persen saja, Urbanreaders.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait