beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Presiden Xi Jinping ‘Semprot’ PM Kanada di Sela-sela KTT G20, Ada Apa?

William Ciputra,
17 November 2022 09.51.54 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Presiden Xi Jinping ‘Semprot’ PM Kanada di Sela-sela KTT G20, Ada Apa?
Image: Presiden Cina Xi Jinping. (Instagram @realxijinping)

Jakarta - Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali turut dimanfaatkan sejumlah kepala negara untuk menggelar pertemuan bilateral dengan kompatriotnya untuk menyamakan visi atau mempererat kerja sama. 

Pertemuan bilateral ini salah satunya juga digelar antara Presiden Cina Xi Jinping dengan Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau. Namun, pertemuan ini berujung pada ‘amarah’ Xi kepada Trudeau. 

Usut punya usut, amarah Xi ini berawal dari langkah Trudeau yang membocorkan hasil pembicaraan kedua negara kepada media. Alhasil, Xi pun terekam kamera ‘menyemprot’ Trudeau di sela-sela KTT G20. 

Momen Xi protes ini diabadikan oleh seorang jurnalis yang merupakan koresponden untuk WioNews. Ia membagikan video itu di akun Twitter pribadinya. 

Dalam video tampak Xi sedang berhadapan dengan Trudeau dengan seorang interpretator di antara keduanya. Dengan bahasa Mandarin, Xi protes mengapa Trudeau membocorkan pembicaraan keduanya ke media. 

“Semua yang kita diskusikan telah bocor ke media, ini tidak pantas,” kata Xi, dikutip Kamis (17/11/2022). 

Xi pun menyinggung ketulusan Trudeau saat bertemu secara bilateral dengan dirinya. Menurut Xi, jika Trudeau tulus, maka ia akan menaruh hormat kepada Cina, termasuk dalam hal topik pembicaraan. 

“Tapi jika tidak, saya tidak begitu yakin bagaimana hasilnya nanti,” tegasnya lagi. 

Trudeau pun tidak tinggal diam. Ia juga memberikan penjelasan mengapa mengabarkan topik pembicaraan dalam pertemuan bilateral keduanya. 

Menurut Trudeau, langkahnya berbicara kepada media adalah bentuk kebebasan yang selama ini dijunjung oleh Kanada. 

“Di Kanada, kami percaya pada dialog yang bebas, terbuka, dan berterus terang. Itu yang akan terus kami lakukan,” kata Trudeau dalam bahasa Inggris. 

Selain itu, Trudeau juga memastikan dirinya akan terus bekerja sama secara konstruktif dengan Cina. Meskipun, Trudeau juga meyakini akan ada hal-hal yang tidak disepakati kedua negara. 

Xi Jinping tampaknya tidak puas dengan jawaban Trudeau. Namun, ia juga tampak tidak mau memperpanjang perdebatan dan memilih untuk mengajak Trudeau menciptakan kondisi yang kondusif terlebih dulu. 

“Mari kita buat kondisi terlebih dahulu,” kata Xi yang dia ulang dua kali. 

Xi kemudian tampak tersenyum, menjabat tangan Trudeau, dan kemudian berjalan ke arah yang berlawanan. 

Sementara itu, Trudeau tampak berjalan ke arah luar venue acara tersebut. 

Pertemuan Xi dan Trudeau

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait