beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Pro Kontra JPO Karet - Sudirman yang Didesain Bak Kapal Pinisi

Griska Laras,
5 Januari 2022 17.22.18 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Pro Kontra JPO Karet - Sudirman yang Didesain Bak Kapal Pinisi
Image: JPO Karet Sudirman/[email protected]

Jakarta - Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Karet di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat akan segera diresmikan. JPO yang direvitalisasi dengan konsep Kapal Pinisi itu kini masih dalam tahap finishing. 

“Selamat siang dari JPO Karet! Pejalan kaki di Jakarta makin dimanjakan dengan rampungnya revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Karet Sudirman,” cuit akun Pemprov DKI Jakarta, Minggu (2/12/2021). 

Jembatan tanpa atap ini didesain dengan material kayu lengkap dengan anjungan untuk melihat pemandangan ibu kota. Tak hanya itu, JPO juga dilengkapi dengan lift untuk lansia dan difabel. 

Namun, keunggulan estetik yang ditawarkan JPO Kapal Pinisi menuai pro kontra di masyarakat. Beberapa orang menilai revitalisasi jembatan mengabaikan fungsinya sebagai ruang publik karena minim penerangan dan tidak bisa melindungi pengguna dari panas dan hujan. 

Ada juga yang meragukan keamanan JPO karena dinding cukup pendek dan terbuka. Belum lagi material yang dipilih mudah lapuk jika terkena panas dan hujan secara terus menerus. 

“Aman atau engga masih ragu. Kayanya enggak karena ini orang bisa loncat atau bunuh diri bisa aja. Seharusnya ditutup atau ditinggikan. Enggak apa apa terbuka tapi ditinggikan,” tulis seorang netizen. 

“Jembatannya bagus, sayang enggak ada atapnya. Jakarta kalau musim panas, mataharinya terik loh. Kalau kehujanan tanpa atap gitu pasti kuyup,” komentar yang lain. 

Meski banyak yang mengkritik, tak sedikit yang memuji keindahan JPO Karet. 

“Kalo begini makin betah jalan kaki di Jakarta.. Jakarta rasa Korea. Semoga yang dipercantik bukan hanya yang di kota ya,” cuitnya. 

“Kalo malam keren nih lampu2 sepanjang JPO nya. Merah menyala,” balas yang lain. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait