beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Profil Ricky Kambuaya, Gelandang Timnas yang Jadi 'Man of the Match' di Final AFF 2020

Nivita Saldyni,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Ricky Kambuaya, Gelandang Timnas yang Jadi 'Man of the Match' di Final AFF 2020
Image: Ricky Kambuaya dinobatkan jadi Man of the Match dalam final Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022). (Instagram @pssi)

Jakarta - Gelandang timnas Indonesia Ricky Kambuaya berhasil mencuri perhatian dalam laga Piala AFF 2020. Ia bahkan dinobatkan sebagai ‘Man of the Match’ saat Indonesia melawan Thailand pada final leg kedua Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022) malam.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura itu, Ricky berhasil membobol gawang Thailand di menit ke-7 dari luar kotak penalty setelah menerima umpan dari Witan Sulaeman. Penjaga gawang Thailand, Siwarak Tedsungnoen sendiri tampak berusaha menepis bola. Namun ternyata kuatnya tendangan Ricky membuat bola terus mengalir melewati garis gawang.

Bagi Ricky, ini bukan pertama kalinya ia dinobatkan sebagai pemain terbaik di pertandingan Piala AFF 2020. Sebelumnya, Ricky berhasil didapuk sebagai ‘Man of the Match’ pada laga penyisihan grup saat melawan Kamboja.

Permainan gelandang tengah timnas Indonesia itu dalam laga kali ini mendapat pujian dari banyak pihak. Selain rajin melakukan pressing terhadap lawan, Ricky juga diketahui kerap membantu penyerang untuk menciptakan peluang-peluang berbahaya selama pertandingan.

Tak heran jika sepanjang laga Piala AFF 2020, ia menjadi salah satu pemain penting bagi Skuad Garuda. Pelatih Shin Tae-yong sendiri selalu menunjuknya sebagai starter sepanjang turnamen itu.

Profil dan Perjalanan Karier Ricky Kambuaya

1641112659-ricky-k.jpegSumber: Ricky Kambuaya dalam pertandingan leg kedua final Piala AFF 2020, Sabtu (1/1/2022). (Antara)

Gelandang andalam timnas Indonesia satu ini merupakan pria kelahiran Sorong, 5 Mei 1996. Pemuda berusia 25 tahun itu memiliki nama lengkap Ricky Richardo Kambuaya.

Meski berasal dari Tanah Papua, namun karier Ricky di dunia sepak bola tak dimulai di klub asal kelahirannya. Ia diketahui mengawali karier sepak bolanya di klub Pro Duta pada 2015 silam.

Dua tahun kemudian, Ricky direkrut PS Mojokerto Putra dan bergabung dengan klub asal Jawa Timur itu. Dua tahun membela Mojokerto Putra, Ricky kemudian pindah dan bergabung dengan PSS Sleman.

Sejak bergabung dengan klub asal Yogyakarta itu, nama Ricky pun kian dikenal di dunia sepak bola Indonesia. Permainan Ricky di PSS Sleman pun berhasil menarik perhatian Persebaya Surabaya. Klub Bajul Ijo itu pun kemudian merekrut Ricky di tahun 2020.

Setiap turun ke lapangan, Ricky selalu tampil apik. Penampilan Ricky di Persebaya Surabaya itu pun kemudian berhasil membuat coach Shin Tae-yong menariknya ke skuad utama. Pertandingan perdana yang diberikan Shin Tae-yong untuk Ricky adalah play-off Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Setelah itu, Ricky selalu disertakan dalam agenda-agenda Timnas Indonesia, termasuk Piala AFF 2020.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait