beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Profil Singkat Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto, Dua Menteri Baru Jokowi

Nivita Saldyni,
15 Juni 2022 15.41.06 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Profil Singkat Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto, Dua Menteri Baru Jokowi
Image: (kiri-kanan) Zulkifli Hasan, Presiden Jokowi, dan Hadi Tjahjanto menemui wartawan usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1562022). (YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik dua menteri baru di sisa periode Kabinet Indonesia Maju 2022-2024. Mereka adalah Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto yang dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (15/6/2022) siang.

Zulkifli Hasan diangkat sebagai Menteri Perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi. Sementara Hadi Tjahjanto kini telah resmi menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN (ATR/BPN), menggantikan Sofyan Djalil.

Jokowi sendiri mengaku pengangkatan kedua menteri baru ini penuh dengan pertimbangan berbagai aspek. Antara lain rekam jejaknya, pengalaman, hingga manajerial skill untuk dapat melihat dan menyelesaikan persoalan secara mendetail.

Nah berikut profil singkat dua menteri baru Jokowi, Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto yang dirangkum Urbanasia pada Rabu (15/6/2022):

Zulkifli Hasan, Ketum PAN yang Kini Duduki Kursi Menteri

Zulkifli Hasan bukan pemain baru di dunia politik Tanah Air. Dalam perjalanan kariernya, pria kelahiran Lampung Selatan, 31 Agustus 1962 ini bahkan sudah pernah duduk di kursi legislatif maupun eksekutif.

Yap, sebelum resmi dilantik sebagai Menteri Perdagangan, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) terpilih dalam dua periode (2015-2020, 2020-2025) ini sudah malang melintang di dunia politik dan pemerintahan. Karier politiknya sendiri pertama kali dimulai pada tahun 2000 sebagai Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI. Jabatan itu diembannya selama lima tahun.

Namun pada periode yang sama ia juga tercatat sebagai Ketua Departemen Logistik DPP PAN. Pada 2004, ia tercatat sebagai anggota DPR RI dari PAN. Satu tahun kemudian, ia ditunjuk sebagai Sekjen DPP PAN untuk periode 2005-2010.

Selain sebagai politikus, Zulkifli ternyata salah satu petinggi di PT Panamas Mitra Inti Lestari. Ia tercatat sebagai Komisaris Utama PT Panamas Mitra Inti Lestari periode 2004-2006.

Posisi penting di pemerintahan ini bukan pertama kali diemban olehnya. Sebelum jadi Mendag, Zulkifli lebih dulu menjabat sebagai Menteri Kehutanan periode 2009 - 2014 pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Ia juga pernah dipercaya pegang jabatan penting sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014-2019.

Hadi Tjahjanto, mantan Panglima TNI yang Bakal Pimpin Kementerian ATR/BPN

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait