menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Puasa Justru Bikin Daya Tahan Tubuh Meningkat Loh

Kintan Lestari,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Puasa Justru Bikin Daya Tahan Tubuh Meningkat Loh
Image: Air putih dan kurma untuk menu berbuka puasa. (Freepik/kat_ka)

Jakarta - Saat ini umat Muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa

Beberapa orang yang tidak menjalani puasa beranggapan berpuasa membuat tubuh jadi lemas karena kita tidak makan dan minum seharian. Padahal kenyataannya tidak guys,

Puasa justru bikin sistem daya tahan tubuh alias imunitas kita menguat. Kok bisa?

Penelitian yang diterbitkan University of Southern California menunjukkan bahwa puasa berkepanjangan dapat menyebabkan regenerasi sel-sel sistem kekebalan tubuh seseorang.

Jadi saat mulai puasa, tubuh awalnya akan memecah sejumlah sel darah putih, yang mana seperti diketahui sel darah putih berkaitan erat dengan kekebalan tubuh.

Karena sel darah putih terpecah, secara naluriah tubuh mulai menghemat energi dengan cara membunuh sel-sel kekebalan yang tua atau rusak. Nah sel-sel tua tersebut kemudian dengan cepat beregenerasi, yang mana membuat tubuh memproduksi sel darah putih baru yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa sel-sel dalam tubuh yang mendukung respons kekebalan dan serangan patogen yang menyerang meninggalkan aliran darah ketika kita berhenti makan karena kandungan nutrisi menjadi rendah. 

Mereka bermigrasi ke sumsum tulang, yang padat nutrisi, di mana mereka mulai beregenerasi dan menjadi supercharged, dan sebagai hasilnya melindungi tubuh dari infeksi dengan lebih baik.

Bonus dari berpuasa juga adalah kamu bisa menurunkan berat badan. Asal ingat ya, pas berbuka jangan berlebihan makannya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait