Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Punya Potensi Besar, Jokowi Minta Pasar Digital Indonesia Dikembangkan

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Punya Potensi Besar, Jokowi Minta Pasar Digital Indonesia Dikembangkan
Image: istimewa

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi pasar digital yang besar. Dia meminta agar potensi tersebut terus dikembangkan agar tidak dikuasai asing. 

Potensi pasar digital di Indonesia terus meningkat dalam dua tahun terakhir. Angkanya naik hingga 49 persen menjadi US$ 70 miliar pada 2021 dan diperkirakan mencapai US$ 146 miliar pada 2025. 

“Pertumbuhan pasar digital di Indonesia dipercepat karena adanya pandemi COVID-19. Tambahan konsumen digital baru naik 10,2 persen, semuanya naik. Potensi pasar digital yang besar ini jangan sampai diambil oleh orang lain,” kata Jokowi dalam acara peresmian Generasi Akselerasi Digital di Cenderawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/12/2021).  

“Saat ini kita telah memiliki 2.319 startup, semakin hari (jumlahnya) makin  tambah terus. Kita punya 1 decacorn, 7 unicorn, dan banyak sekali startup soonicorn yang nanti akan didorong untuk berkembang menjadi unicorn dan decacorn,” lanjutnya. 

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada jajaran menteri dan BUMN untuk menyiapkan ekosistem dan talenta digital yang mampu bersaing dalam skala internasional.  

“Saya sampaikan kepada menteri-menteri dan BUMN, waktu kita tidak banyak untuk mengejar ketertinggalan, yang paling sulit memang menyiapkan talenta digital dalam jumlah besar dan mendatangkan mentor yang memiliki kualifikasi yang baik. Karena itu saya sangat menghargai apa yang telah digagas oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam menyiapkan pendanaan Merah Putih Fund yang akan memberikan suntikan kepada soonicorn agar bisa melompat ke level yang lebih tinggi,” paparnya.  

Generasi Akselerasi Digital merupakan program yang digagas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Founder Narasi Najwa Shihab, dan menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi Nadiem Makarim. Tujuannya untuk menyiapkan anak muda Indonesia menjadi digital entrepreneur. 

1639549157-Peresmian-Akselerasi-G.jpegSumber: Peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/12/2021).

Program ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Cenderawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/12/2021). Peresmian gerakan ini ditandai dengan diluncurkannya Merah Putih Fund, Indonesia Digital Tribe, dan Microcredential.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait