beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Putin Janji Segera Akhiri Perang dengan Ukraina

Priscilla Waworuntu,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Putin Janji Segera Akhiri Perang dengan Ukraina
Image: Presiden Rusia, Vladimir Putin. (kremlin.ru)

Jakarta - Presiden Rusia, Vladimir Putin mengaku ingin segera mengakhiri perang dengan Ukraina. Hal ini ia sampaikan kepada Perdana Menteri India, Narendra Modi yang khawatir terhadap keberlanjutan perang.

“Saya tahu posisi Anda dalam konflik di Ukraina, kekhawatiran Anda yang terus-menerus Anda ungkapkan, kami akan berusaha mengakhiri hal ini sesegera mungkin,” kata Putin kepada Modi di sela-sela pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan sebagaimana dikutip Al Jazeera, Sabtu (17/9/2022).

Walau begitu, Putin mengatakan Kyiv telah menolak negosiasi dan bertekad untuk mencapai tujuannya sendiri 'di medan perang'.

“Sayangnya, pihak lawan, pimpinan Ukraina, mengumumkan penolakannya terhadap proses negosiasi dan menyatakan ingin mencapai tujuannya dengan cara militer,” ungkap Putin. 

Saat ini, Rusia menguasai sekitar seperlima wilayah Ukraina setelah mengirim angkatan bersenjatanya ke wilayah tetangganya dari beberapa arah pada Februari.

Pada 6 September, Kyiv melancarkan serangan balasan yang mengejutkan pasukan Rusia. Serangan kilat mengakibatkan pasukan Ukraina merebut kembali sekitar 8.000 km persegi (3.090 mil persegi) wilayah di wilayah Kharkiv.

Putin telah membuat komentar serupa kepada pemimpin Cina Xi Jinping pada hari Kamis, mengatakan dia memahami kekhawatiran Beijing tentang konflik tersebut. Rusia berusaha untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Cina dan India saat Moskow menghadapi isolasi dan sanksi berat dari Barat atas invasinya ke Ukraina.

Kedua negara telah meningkatkan pembelian energi Rusia, berdagang dengan harga diskon di pasar dunia karena negara-negara Barat membeli lebih sedikit, dan berbicara tentang membangun hubungan ekonomi yang lebih erat.

“Perdagangan kami berkembang, berkat tambahan pasokan pupuk Rusia ke pasar India, yang telah tumbuh lebih dari delapan kali lipat. Saya berharap ini akan sangat membantu sektor pertanian India,” kata Putin kepada Modi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait