beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Rajin Pakai Skincare Tapi Kulit Kurang Glowing? Ini Penyebabnya

Itha Prabandhani,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rajin Pakai Skincare Tapi Kulit Kurang Glowing? Ini Penyebabnya
Image: Freepik

Jakarta - Meski yakin bahwa beauty regimen yang kamu lakukan setiap hari udah maksimal, kadang hasilnya belum juga sesuai dengan ekspektasi.

Misalkan seperti kurang glowing lah, pori-pori masih kelihatan besar lah, jerawat yang muncul tiba-tiba, hingga komedo yang terus nongol.  

Eits, jangan buru-buru salahkan produk dan terus pengen ganti merek lain, guys. Bisa jadi, beauty goal kamu belum tercapai karena faktor lain, guys. 

Yuk, coba teliti lagi apa sih yang bikin hasil perawatan kulitmu belum memuaskan?

1. Apakah istirahatmu berkualitas?

1605065941-kualitas-tidur.jpgSumber: Freepik

Jangan remehkan kekuatan tidur berkualitas, guys. Saat kamu tidur dengan nyenyak, kulit akan memproduksi kolagen sekaligus memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. 

Kalau kamu akhir-akhir ini lagi susah tidur, besar kemungkinan bahwa skincare yang kamu gunakan kurang berfungsi secara maksimal karena nggak didukung dengan perubahan dari dalam tubuh.

Menurut Dr Stephanie Ho, seorang ahli dermatologi, tidur yang tak berkualitas akan mempercepat proses penuaan kulit dan melemahkan kemampuan kulit untuk meregenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat terbakar sinar matahari. Jadi, pastikan bahwa istirahat kamu cukup dan berkualitas.

2. Apakah kamu rutin pakai Tabir Surya?

1605065968-tabir-surya.jpgSumber: Freepik

Tabir surya sangatlah penting buat menjaga kulit kamu dari efek buruk sinar matahari. Sayangnya, karena sering beraktivitas di dalam ruangan, kamu jadi merasa nggak perlu pakai tabir surya. 

Padahal, sinar UVA dan UVB juga bisa menembus dalam ruangan, loh. Kurangnya perlindungan terhadap paparan sinar matahari bisa mengakibatkan kulit mengalami pigmentasi berlebih, kerutan, kering, serta muncul tanda-tanda penuaan.

3. Apakah produk skincare kamu cocok dengan kondisi kulitmu?

1605065951-produk-skincare.jpgSumber: Freepik

Tujuan dari perawatan kulit bakal tercapai kalau kamu menggunakan jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi kulitmu, guys.

Kalau produk yang kamu gunakan nggak cocok, semahal apapun rangkaian perawatan yang kamu gunakan, hasilnya juga nggak akan kelihatan. 

Justru, penggunaan skincare yang nggak cocok malah bisa memicu munculnya masalah kulit yang lain. Karena itu, pastikan bahwa kamu berkonsultasi dengan dermatologis untuk mengidentifikasi jenis kulit dan masalah yang kamu miliki, sehingga bisa merekomendasikan rangkaian produk perawatan yang sesuai.

4. Apakah kamu sudah rajin membersihkan makeup?

1605065961-bersihkan-makeup.jpgSumber: Freepik

Setelah beraktivitas seharian, makeup yang kita gunakan bakal bercampur dengan debu, udara kotor, dan juga minyak berlebih. 

Kombinasi semuanya itu adalah cikal bakal munculnya jerawat di wajah kamu. Jadi, pastikan bahwa makeup yang kamu gunakan harus diangkat dengan tuntas, terutama menjelang kamu tidur malam.

Gunakan produk pembersih makeup yang sesuai dengan jenis makeup kamu. Jika perlu, biasakan untuk melakukan double cleansing, agar semua kotoran dapat terangkat dengan sempurna.

5. Apakah asupan air putih kamu sudah cukup?

1605065917-minum-air-putih.jpgSumber: Freepik

Air putih adalah sahabat baik banget buat kulit kamu. Dengan asupan air putih yang cukup, kulit kamu akan terjaga kelembapannya dan sel-sel kulit akan lebih ‘gemuk’. 

Kondisi inilah yang bakal bikin kulit kamu tampak lebih cerah, terasa kenyal, dan elastis, guys. Kurang minum air putih akan membuat kulit terlihat kering, pecah-pecah, dan nggak sehat. 

Karena itu, pastikan asupan air putih kamu sesuai dengan yang disarankan, yaitu sekitar 2 liter per hari sesuai dengan berat badan dan aktivitas harianmu.

Nah, apakah kamu sudah menemukan jawaban kenapa kulit kamu kurang glowing?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait