menu
user
URstyle

Hobi Bikin Kue? Ini 7 Alat yang Wajib Kamu Punya!

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hobi Bikin Kue? Ini 7 Alat yang Wajib Kamu Punya!
Image: Ilustrasi membuat kue (Pixabay/HelenJank)

Jakarta - Urbanreaders, apa membuat kue salah satu hobi baru kamu? Kalau iya dan kamu ingin menekuni hobi baru kami ini, tentu alat-alat baking jadi hal wajib yang kamu miliki.

Sayangnya, banyak pemula yang terkadang masih bingung, peralatan apa saja yang harus dia punya di dapur. Untuk itu, coba cek dulu peralatan yang kamu punya dan simak peralatan baking yang wajib kamu punya berikut ini!

1. Timbangan Bahan

1607396050-bikin-kudapan.jpgSumber: Membuat kue di rumah (Freepik)

Untuk membuat kue yang enak, tentu nggak bisa dibuat dengan asal-asalan bukan? Ada takaran khusus agat adonan menghasilkan tekstur kue yang pas. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki timbangan bahan agar adonan yang kamu hasilkan sempurna.

Timbangan kue sendiri ada dua jenisnya, ada yang manual dan digital. Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangannya, namun yang jelas sesuaikan budgetmu. Dan ingat, saya membelinya jangan lupa cek kepekaan timbangan ya.

2. Cup takaran

1614837686-cup-takar.jpegSumber: Cup takar (Pixabay/Monfocus)

Selain timbangan, cup takaran juga gak kalah pentingnya guys. Alat ini biasanya digunakan untuk ukuran satuan gram. Jadi penggunaannya bakal lebih praktis ketimbang kamu repot-repot membuat konversi takaran dari resep yang ada.

Cup takaran yang ada di pasaran pun beragam. Ada yang dari bahan plastik, aluminium, ataupun stainless steel. Biasanya mereka dijual per set, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

3. Spatula

1614837766-spatula---Mikes-Photography.jpgSumber: Ilustrasi spatula (Pixabay/Mikes-Photography)

Spatula juga merupakan alat yang tak kalah pentingnya saat kamu membuat kue. Spatula sendiri punya bentuk yang beragam, sesuai kegunaannya. Ada yang digunakan untuk mengaduk adonan, mengoles krim di atas kur, dan ada juga yang digunakan untuk mengambil kue yang sudah jadi dari nampan. 

Untuk itu penting memiliki beberapa spatula yang berbeda jenisnya untuk mendukung hobi kamu. Dan ingat, selalu gunakan spatula sesuai fungsinya agar tak merusak kuemu.

4. Gelas Ukur

1611224743-kue-nastar.jpgSumber: Kue Nastar (shirleysavitri/Pixabay)

Untuk mengukur bahan-bahan cair, kamu butuh gelas ukur nih guys. Dengan gelas ukur ini, kamu akan bisa membuat adonan yang pas dengan takaran yang sesuai.

Sama dengan alat lainnya, gelas ukur juga tersedia dalam material yang beragam. Tapi lebih baik pilihlah gelas ukur yang berwarna transparan agar dengan mudah mengecek apakah volume bahan sudah sesuai resep.

5. Loyang dan Cetakan

1614838289-kue---Free-Photos.jpgSumber: Ilustrasi kue (Pixabay/Free-Photos)

Nah alat lain yang gak lalah penting adalah loyang dan cetakan, guys. Pastikan kamu memiliki loyang dan beragam cetakan kue untuk mengasah kreativitasmu.

6. Mixer

1614838007-mixer-pixabay.jpgSumber:  Mixer (Pixabay/congerdesign)

Alat penting lainnya adalah mixer. Alat ini akan membantu kamu mencamput bahan adonan agar tercampur rata.  Mixer sendiri banyak jenisnya, guys ada yang stand mixer dan handheld mixer. Kalau budgetmu terbatas, pilihlah handhled mixer karena harganya jauh lebih terjangkau.

7. Oven

1614838033-Oven-pixabay-matthiasboeckel.jpegSumber: Oven (Pixabay/matthiasboeckel)

Terakhir yang gak boleh ketinggalan adalah oven. Oven adalah salah satu alat penting untuk membuat kue. Oven sendiri juga tersedia dalam beberapa jenis, ada yang manual dan listrik. Lagi-lagi, meski fungsinya sama, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu ada baiknya memilih sesuai budget.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait