Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Resep Dalgona, Permen Tradisional Korsel yang Muncul di 'Squid Game'

Nivita Saldyni,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Dalgona, Permen Tradisional Korsel yang Muncul di 'Squid Game'
Image: Permen dalgona dalam drama 'Squid Game' (Instagram @netflixkr)

Jakarta - Urbanreaders yang sudah nonton drama Korea 'Squid Game' pasti nggak asing sama yang namanya 뽑기 (Ppopgi) alias dalgona. 

Yap, permen tradisional khas Korea Selatan (Korsel) ini muncul sebagai permainan yang sangat menantang dan menegangkan dalam drama tersebut.

Pasalnya para pemain harus memotong permen itu tanpa merusak bentuk yang ada di bagian tengah untuk bisa lolos dan mengikuti permainan selanjutnya.

Untuk mencoba permen satu ini, bahannya sangat sederhana. Bahkan kamu cukup menyiapkan dua jenis bahan saja loh, yaitu gula dan baking soda. Namun memang cara membuatnya agak tricky karena selain butuh teknik dan waktu yang tepat, kamu juga butuh kesabaran saat membuat permen satu ini.

1632979418-Permen-Dalgona-YouTube-Maangchi.jpgSumber: Permen Dalgona (YouTube/Maangchi)

Kalau Urbanreaders mau coba, berikut resep permen dalgona seperti dikutip dari situs Maangchi, Kamis (30/9/2021) :

Bahan:
1½ sdm + 1 sdt gula putih atau brown sugar
Sejumput baking soda

Cara membuat:
1. Pertama siapkan alat-alat lebih dulu dan tata kertas roti di atas loyang, pastikan alasnya rata. Kemudian taburkan 1 sdt gula.
2. Lalu mulai buat permennya. Tempatkan gula dalam sendok stainless steel ukuran sedang/besar. Panaskan di atas api sedang sampai mulai meleleh.
3. Aduk dengan sendok sampai halus tak ada gumpalan dan mulai berubah warna, pastikan tidak gosong dengan kontrol panas sesuai kebutuhan.
4. Kemudian tambahkan baking soda dan aduk dengan cepat selama beberapa detik. Permen akan mengembang dan berubah warna dari coklat muda menjadi krem ​​​​keemasan. Lalu angkat dan matikan kompor.
5. Tuang permen ke atas loyang yang sudah dilapisi kertas kue. Tempatkan tusuk sate atau stik es krim di tengah bagian bawah permen, sekitar 1 inci dari tepi.
6. Tekan adonan selama lima detik dengan cepat menggunakan benda halus, rata, dan tidak lengket seperti mangkuk, tutup, atau spatula stainless steel.
7. Kemudian gunakan cetakan kue untuk menambahkan pola di tengah permen. Tekan dengan keras dan agak dalam kalau kamu ingin memecahkan polanya dengan mudah. Namun hati-hati, jangan sampai bentuknya berantakan!
8. Diamkan sekitar 1 menit sampai permen mengeras, lalu sajikan! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait