menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Resep Es Cendol Dawet, Minuman Manis dan Segar untuk Berbuka Puasa

Nivita Saldyni,
10 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Es Cendol Dawet, Minuman Manis dan Segar untuk Berbuka Puasa
Image: Ilustrasi cendol dawet (Perpusda Jateng)

Jakarta - Bicara soal minuman berbuka puasa, ada banyak banget minuman tradisional yang segar dan pas banget dinikmati saat berbuka loh. Salah satunya adalah es cendol dawet dari dua daerah berbeda di Pulau Jawa.

Nah es cendol dawet sendiri biasanya disajikan dengan sirup gula merah dan kuah santan. Bahkan sekarang juga banyak kreasi cendol dawet dengan berbagai isian seperti nangka, durian, kacang merah, dan masih banyak lagi lainnya. 

Untuk menikmati segarnya es cendol dawet saat berbuka nanti, Urbanreaders bisa loh membuatnya sendiri di rumah. Mau coba? Berikut resep es cendol dawet yang dikutip dari Resep Koki, Senin (26/4/2021):

Bahan Cendol:
125 gram tepung hunkwe
25 gram tepung beras
1 sdt pasta pandan
700 ml air
1 sdt garam
Es batu secukupnya

Bahan Sirup Gula Merah:
300 gram gula merah, iris halus
100 gram gula pasir
500 ml air
3 lembar daun pandan

Bahan Kuah Santan:
500 ml santan instan
300 ml air
1 sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

1. Pertama buat sirup gula merah. Campur semua bahan saus gula, kemudian masak hingga mendidih. Angkat dan saring, kemudian dinginkan.

2. Lalu buat kuah santan. Campur semua bahan santan kemudian masak sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat dan dinginkan.

3. Baru deh buat cendolnya. Campur tepung hunkwe, tepung beras, air, pasta pandan, dan garam. Aduk hingga merata. Masak hingga adonan matang. Jangan lupa sambil terus diaduk-aduk ya! 

4. Setelah itu siapkan air matang dalam baskom dan masukkan beri bongkahan es batu di dalamnya.

5. Ambil cetakan cendol, letakkan di atas baskom tersebut. Masukkan adonan cendol yang sudah matang ke dalam cetakan cendol dan tekan perlahan hingga cendol masuk ke dalam baskom.

6. Lakukan langkah 5 sampai semua adonan habis.

7. Saring cendol dalam air. Ambil cendol dan sisihkan.

8. Siapkan enam gelas saji, masukkan cendol, tuang sirup gula merah dan kuah santan secukupnya. Tambahkan es batu. Es cendol dawet pun siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait