beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Resep Ganjang Gejang, Kepiting Fermentasi Khas Korea Selatan

Priscilla Waworuntu,
15 September 2022 16.36.03 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Ganjang Gejang, Kepiting Fermentasi Khas Korea Selatan
Image: Pinterest/Gigipaw

Jakarta - Kuliner Korea Selatan memang kerap kali menggugah selera makan. Mulai dari makanan yang pedas, manis, bahkan hingga beberapa makanan yang difermentasi. Makanan fermentasi yang paling terkenal adalah olahan kimchi. Namun, ternyata Korea Selatan memiliki berbagai macam makanan lain yang nggak kalah bikin para penontonnya ngiler. 

Menu yang akan dibahas Urbanasia kali ini adalah Ganjang Gejang atau kepiting mentah yang difermentasi. Olahan Ganjang Gejang sebenarnya cukup simpel hanya menggunakan kecap asin dan beberapa bumbu-bumbu dapur lainnya. Hanya saja, olahan menu ini sangat bergantung dengan kesegaran kepiting yang digunakan. Makin segar kepiting yang digunakan, maka makin nikmat olahan Ganjang Gejang yang kamu peroleh. 

Sebenarnya, menu Ganjang Gejang ini masih cukup sulit untuk ditemukan di Indonesia, karena mungkin cara membuatnya membutuhkan proses yang cukup lama, makanan ini tidak bisa langsung disantap setelah diolah. Kepiting baru bisa dimakan setelah difermentasi sekitar 1 minggu. Namun bagi kamu yang mungkin tidak sabar bisa memakannya mulai dari hari keempat. 

Bagi kamu yang tertarik dan ingin mencoba membuat Ganjang Gejang di rumah, berikut Urbanasia tuliskan resep dan cara membuat makanan Korea tersebut.

Bahan Utama

- 1 kg kepiting segar, cuci bersih dan masukan ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam 
- 20 ekor udang segar, cuci bersih dan masukan ke dalam kulkas selama kurang lebih 2 jam
- 10 siung bawang putih ukuran kecil 
- 3 buah cabai hijau besar, potong-potong besar 
- 2 buah cabai merah, potong-potong besar 
- 1 genggam tangan daun bawang kecil, potong menjadi empat bagian
- 1 buah lemon, belah menjadi 4 bagian 

Bahan untuk Saus

- 1,5 liter air 
- 400 ml kecap asin 
- 180 gram gula pasir
- 10 siung bawang putih ukuran sedang, belah menjadi 2 
- ½ buah apel, potong kecil 
- ½ bawang bombai, iris memanjang 
- 1 batang daun bawang, cuci bersih, dan dipotong menjadi 4 bagian 

Cara Membuat

1. Langkah pertama, buat saus rendaman Ganjang Gejang terlebih dahulu. Dengan memasukkan air, kecap asin, gula, bawang putih, apel, bawang bombay, dan daun bawang ke dalam panci 

2. Rebus saus hingga mendidih kurang lebih 20 menit. Setelah itu saring saus dan sisihkan ke wadah lain

3. Selanjutnya, tata kepiting di dalam wadah kedap udara. Tempatkan kepiting dengan cangkang di bawah, kemudian timpa kepiting dengan udang 

4. Setelah kepiting sudah tertata dengan benar di dalam wadah, tuangkan saus Ganjang Gejang. Pastikan seluruh permukaan kepiting terendam semua. Lalu, masukkan bawang putih, cabai hijau besar, cabai merah besar, dan daun bawang serta lemon. 

5. Terakhir, jika semua bahan sudah dimasukkan, simpan ganjang gejang di dalam kulkas. Jangka waktu penyimpanan ganjang gejang ini akan memakan waktu kurang lebih satu minggu. Hal ini karena agar bumbunya meresap dan kepitingnya pun akan matang sendiri karena fermentasi dari kecap asinnya. 

Jika sudah semingguan, kamu bisa memakan ganjang gejang buatanmu. Biasanya, ganjang gejang sangat nikmat jikadimakan dengan nasi panas. 

Itu dia resep olahan makanan Korea Selatan Ganjang Gejang. Selamat mencoba, Urbanreaders! 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait