menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

Resep Kolak Biji Salak, Sajian Manis Berbuka Puasa

Nivita Saldyni,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Kolak Biji Salak, Sajian Manis Berbuka Puasa
Image: Youtube Jerry Andrean

Jakarta - Bicara soal bulan Ramadan, kolak adalah salah satu sajian khas yang selalu diburu saat berbuka puasa. Urbanreaders pun bisa loh buat kolak sendiri di rumah.

Eits tapi kolak sendiri banyak ragamnya nih, guys. Bukan cuma kolak pisang aja, ada juga kolak singkong, kolak labu, kolak durian, hingga kolak biji salak atau yang lebih dikenal dengan nama candil.

Nah kali ini, Urbanasia bakal bagikan resep kolak biji salak ala Jerry Andrean, juara MasterChef Indonesia Season 7. Penasaran? Berikut resep kolak biji salak yang dikutip dari YouTube Jerry Andrean, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga : Pecel Sayur Khas Jawa, Menu Sahur yang Sehat dan Mudah Dibuat

Bahan biji salak :

- 240 gr ubi cilembu 

- 80 gr sagu atau tapioka

1618362676-Kolak-biji-salak-1.jpgSumber: Youtube Jerry Andrean


Bahan kuah gula :

- 500 ml air

- 200 gr gula aren atau gula merah

- 2 lembar daun pandan

- 2 sdm tepung sagu (tapioka), larutkan dengan 5 sdm air

Bahan kuah santan :

- 70 ml santan kental

- 70 ml air

- Garam secukupnya 

Baca Juga : Resep Donat Krim Susu ala Korea

Cara memasak : 

1. Kupas dan rebus ubi sampai empuk, kemudian tumbuk sampai halus. Campurkan dengan tepung sagu atau tapioka. Uleni sampai kalis.

2. Buat adonan menjadi bola-bola kecil, ukuran bisa disesuaikan selera.

3. Sambil membuat bola-bola ubi, panaskan air hingga mendidih. Kemudian masukkan bola-bola ubi ke dalamnya dan masak sampai bola-bola ubi matang.

4. Sambil menunggu bola ubi matang, buat kuah gula merahnya. Rebus air dan masukkan gula merah. Tambahkan satu lembar daun pandan.

5. Setelah bola ubi matang, angkat dan tiriskan. Kemudian masukkan ke kuah gula saat gula merah sudah mulai larut.

6. Tuang larutan tepung sagu atau tapioka ke dalam kuah gula. Tambahkan dengan cara menuangkan sedikit demi sedikit hingga tingkat kekentalan pas, sesuai keinginan. Angkat dan sisihkan.

7. Masak kuah santan. Siapkan panci, masukkan bahan-bahan kuah santan. Aduk dan tunggu sampai hampir mendidih, kemudian angkat.

8. Siapkan mangkuk saji, masukkan bola-bola ubi bersama kuah gula. Kemudian siram dengan santan. Kolak biji ubi siap dinikmati!

1618363007-Kolak-biji-salak-2.jpg

Sumber: Ilustrasi kolak biji salak (Youtube Jerry Andrean)

Nah gimana guys, mudah bukan? Cukup dengan 7 bahan di atas, kamu sudah bisa bikin kolak biji salak untuk 4-5 porsi. Pas banget untuk buka puasa bareng keluarga?

Nah kolak ini bisa kamu nikmati selagi hangat atau dingin. Jika ingin disajikan dingin, simpan dulu di kulkas  atau tambahkan es batu saat waktu berbuka puasa. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait