Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Resep Kue Bulan Tanpa Dipanggang

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Kue Bulan Tanpa Dipanggang
Image: Ilustrasi kue bulan. (Pixabay/My_Walking_Diary)

Jakarta – Tepat hari ini, 21 September 2021, masyarakat keturunan Tionghoa merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur (Mid-Autumn Festival) atau yang dikenal juga dengan Mooncake Festival atau Festival Bulan. Festival Bulan ini sendiri jatuh setiap hari ke-15 di bulan kedelapan dalam kalender Cina, guys.

Salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan dalam perayaan ini adalah kue bulan. Kue bulan atau mooncake yang merupakan kue tradisional asal Cina ini sudah menjadi tradisi dan melekat dengan perayaan satu ini. Ia biasanya disajikan saat momen kumpul dan bersantai dengan anggota keluarga.

Kue bulan sendiri sebenarnya berisi pasta dari perpaduan biji teratai dan kuning telur asin yang dibungkus dengan kulit yang renyah kemudian diolah dengan cara dipanggang. Namun kini kue bulan kian berkembang dan bisa ditemukan dengan berbagai jenis yang menarik. Salah satunya snow skin mooncake yang kulitnya terbuat dari tepung beras ketan sehingga kenyal seperti mochi dan diisi dengan isian pasta aneka rasa yang tak perlu dipanggang

Urbanreaders yang ingin ikut merayakan festival ini dan membuat snow skin mooncake sendiri di rumah juga bisa loh. Berikut resep snow skin mooncake dari Mai Le seperti dikutip dari Special Broadcasting Service (SBS), Selasa (21/9/2021).

Pasta Isian

200 gr kacang hijau/kacang merah/isian lainnya sesuai selera

50 gr gula

100 ml minyak sayur

1 sdt tepung beras ketan

1 sdt air

Sirup gula

1 kg gula

500 gr air

Kulit

2 gelas sirup gula (500 ml)

1 sdt jus lemon

1 sdt sari bunga jeruk bali

2 cangkir tepung beras ketan

2 sdm minyak sayur

Cara memasak :

1 Pertama, buat isiannya terlebih dahulu. Rendam kacang hijau dalam air panas selama tiga jam, lalu tiriskan. Kukus dengan sedikit air sampai kacang lembut, kemudian haluskan dengan blender.

2. Tuang kacang hijau yang sudah halus ke atas wajan, panaskan dengan api kecil. Masukkan gula sedikit demi sedikit sambil aduk.

3. Ambil wadah, tuang minyak sayur dan campur dengan tepung beras ketan. Aduk sampai membentuk pasta, kemudian masukkan ke dalam campuran kacang hijau di atas wajan.

4. Tambahkan air, aduk terus sampai mengental. Periksa kekentalan adonan, apakah sudah bisa dibentuk dengan tangan atau belum.

5. Kalau masih kasar, tambahkan sedikit air sampai adonan bisa dibentuk.

6. Angka dan biarkan adonan sejenak sampai agak dingin.

7. Ambil adonan, bentuk jadi bola-bola berukuran 50 gram untuk dijadikan isian dan sisihkan.

8. Setelah itu mulailah membuat sirup gula. Campurkan air dan gula dalam wajan, lalu didihkan sambil terus diaduk sampai tidak ada gumpalan dan menjadi sirup. Kemudian angkat dan sisihkan.

9. Buat kulitnya dengan ambil dua gelas sirup, masukkan dalam wadah yang besar. Tambahkan air lemon, sari bunga jeruk bali, dan minyak sayur.

10. Campur dengan tepung beras ketan, aduk perlahan sampai halus dan membentuk pasta. Diamkan selama 30 menit.

11. Selanjutnya, tuang adonan ke atas papan yang sudah ditaburi tepung, uleni adonan kulit sampai bisa dibentuk bulan panjang. Balur tanganmu dengan sedikit minyak supaya adonan tidak lengket.

12. Potong adonan berukuran masing-masing 150 gram, ratakan dan pipihkan.

13. Ambil satu kulit, masukkan bola isian kacang hijau ke dalamnya dan bungkus sampai tertutup rata. Balur dengan tepung beras ketan supaya tidak lengket. Taburkan juga sedikit tepung beras ketan ke dalam cetakan lalu masukkan adonan dan tekan. Keluarkan perlahan kue bulan dari cetakan.

14. Ulangi langkah 13 sampai adonan habis.

15. Masukkan kue bulan yang sudah jadi ke dalam lemari es selama satu jam agar dingin, kemudian sajikan.

Gimana, mudah kan guys? Resep ini bisa digunakan untuk enam buah kue bulan ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait