Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Resep Rujak Gobet Khas Malang, Kuliner Rekomendasi Gubernur Jatim

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Resep Rujak Gobet Khas Malang, Kuliner Rekomendasi Gubernur Jatim
Image: Ilustrasi rujak gobet. Sumber: Pinterest/resepkoki.id

Malang - Pecinta rujak, wajib coba rujak gobet khas Malang, Jawa Timur. Rujak buah ini cukup populer karena penyajiannya cukup unik dan rasanya yang bikin nagih.

Berbeda dari rujak pada umumnya yang bahan-bahannya dipotong, rujak gobet adalah jenis rujak manis yang isian buahnya diparut. Dengan kuah yang pedas, asam, sekaligus manis, rujak satu ini cocok dinikmati saat cuaca sedang terik dan disajikan dalam keadaan dingin untuk menambah kesegarannya.

Nah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merekomendasikan rujak gobet sebagai camilan untuk menemani akhir pekanmu. Lewat akun Instagram pribadinya, ia pun membagikan resep rujak gobet untuk kamu coba.

Untuk bahan utamanya, rujak ini umumnya menggunakan mangga muda, bengkoang, nanas, timun, dan kedondong. Kamu juga bisa memasukkan buah lain kesukaanmu. Namun menurut Khofifah ada satu buah yang wajib ada dan menjadikan rujak gobet istimewa.

"Ada satu buah khas yang menjadi isian, yakni nangka muda atau babal selain isian buah-buahan lain," kata Khofifah, Minggu (29/8/2021).

Nah untuk kuahnya sendiri, biasanya campuran dari gula aren, cabai rawit dan keriting, gula dan garam secukupnya. Biar lebih nikmat, jangan lupa tambahkan asam jawa. Untuk takaran bumbu ini, bisa kamu sesuaikan dengan selera ya guys.

Cara membuatnya cukup mudah kok. Tinggal kupas bersih semua buah dan serut kasar. Masukkan dalam wadah yang sama, lalu sisihkan. 

Kemudian, buat bumbu kuahnya. Blender semua bahan bumbu sampai halus, kecuali asam Jawa. Masak bumbunya dan tambahkan air secukupnya, gula, garam dan asam jawa. Koreksi rasa, masak sampai mendidih dan angkat.

Diamkan sampai mencapai suhu ruangan. Kemudian, tuangkan kuah tersebut ke dalam wadah yang sudah diisi buah. Kemudian masukkan kulkas dan diamkan selama beberapa waktu sampai bumbu meresap. Setelah itu, baru deh disajikan selagi dingin dan bisa juga ditambahkan dengan potongan es batu.

"Perpaduan rasa pedas, asam, dan manisnya rujak gobet dijamin bikin ketagihan dan moodmu jadi baik. Mumpung weekend, yuk ngerujak," tutup Khofifah.

Gimana, mudah banget kan buatnya? Selain disajikan dalam keadaan dingin atau ditambahkan bongkahan es batu, kamu juga bisa menambahkan beberapa suap es krim kesukaanmu di atasnya agar lebih nikmat. Selamat mencoba!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait