Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Review Samsung Galaxy Z Flip3, Kasih Pengalaman Seru

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Review Samsung Galaxy Z Flip3, Kasih Pengalaman Seru
Image: Samsung Galaxy Z Flip3. (Dok. Urbanasia)

Jakarta - Samsung Galaxy Z Flip pertama kali dihadirkan tahun lalu, dan Agustus lalu diperbarui lagi dengan membawa peningkatan yang sangat menarik.

Tidak hanya itu, vendor yang berasal dari Negeri K-Pop menurunkan harganya sehingga semua orang bisa menjangkaunya. 

Tapi apakah peningkatan yang diberkan serta harganya yang lebih bersahabat membuat Samsung Galaxy Z Flip3 ini patut kamu beli?

Nah Urbanasia telah menjajal smartphone layar lipat ini dalam beberapa pekan. Berikut reviewnya untuk dijadikan pertimbangan kamu membeli Galaxy Z Flip3.

Desan dan Layar

1631701639-Samsung-Galaxy-Z-Flip3.jpgSumber: Samsung Galaxy Z Flip3. (Dok. Urbanasia)

Galaxy Z Flip3 tampil begitu menawan. Bagian belakangnya memadukan dua warna, hitam di bagian atas dan krim di bawah.

Saat terbuka, Galaxy Z Flip3 ini tidak ubahnya seperti smartphone pada umumnya. Tapi begitu dilipat, dimensinya begitu compact, tidak saja nyaman di tangan, smartphone ini muat saat diletakan di clutch.

Engsel yang dipasang Samsung terasa kokoh, sehingga tidak khawatir ketika sering membuka dan melipat smartphone ini. 

Namun tidak seperti ponsel layar lipat zaman dulu yag bisa dibuka satu tangan. Membuka Galaxy Z Flip3 harus menggunakan dua tangan, barulah kalau mau menutupnya bisa dilakukan dengan satu tangan.

Samsung mempergunakan material Amor Aluminium paling kuat yang ada diindustri sehingga durabilitas ponsel ini lebih baik. Ini akan mengurangi was-was bila tak sengaja jatuh.

Paling terpenting Galaxy Z Flip3 sudah mengantongi sertifikasi IPX8. Ini artinya tahan air tawar hingga ke dalaman 1,5 meter seama 30 menit.

Jadi tidak perlu khawatir bilamana kehujanan, atau beraktivitas di pinggir kolam renang saat sedang staycation bareng teman atau keluarga.

Di bagian luar terdapat layar berukuran 1,9 inci. Ukuran ini jauh lebih besar dari pendahulunya.

Lewat layar ini kita bisa melihat notifikasi dan beragam widget, mulai dari jam hingga pengaturan musik. Selain itu adanya layar kedua ini memudahkan kita bila hendak membuat foto maupun video selfie dengan kamera luar.

Beralih ke bagian dalam, Galaxy Z Flip3 mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,7 inch dengan resolusi 2640 x 1080 pixel. Mengusung rasio 22:9, kecerahan hingga 1.200 nit dengan refresh rate 120 Hz.

Suguhan warnanya begitu  begitu hidup, tajam dan detail. Menonton film maupun serial favorit jadi makin terpuaskan. 

Ini menjadi layar ponsel terbaik yang pernah kami gunakan selama ini. Bahkan mengalahkan iPhone 12 Pro yang mengusung layar OLED.

Menikmati hiburan di smartphone ini makin maksimal berkat adanya stereo speaker yang didukung oleh Dolby Atmos. Jadi suara yang dhadirkan begitu nonjok di telinga.

One UI 3

1631701695-Samsung-Galaxy-Z-Flip3.-(Dok.-Urbanasia).jpgSumber: Samsung Galaxy Z Flip3. (Dok. Urbanasia)

Galaxy Z Flip3 menjalankan Android 11 dengan One UI 3 yang mendukung perangkat layar lipat. Samsung memberikan taskbar baru di sisi kanan layar dan menyediakan shortcut untuk membuka aplikasi.

Galaxy Z Flip3 menawarkan multitasking yang menarik. Kita bisa membuka jenda di setengah layar ke atas, sementara setengah layar ke bawa untuk membuka web,

Ketika menggunakan Flex Mode, di mana Galaxy Z Fold3 dibuka 90 derajat, sejumlah aplikasi langsung membagi dua layar. Misalnya kamera, bagiam atas sebagai jendela bidik, sedangkan di bagian bawah menunjukan preview hasil jepretan.

Kinerja dan Baterai

1631701775-Samsung-Galaxy-Z-Flip3-1.jpgSumber: Samsung Galaxy Z Flip3. (Dok. Urbanasia)

Samsung memasang chipset Snapdragon 888 yang memiliki kinerja yang sangat cepat. Dipadukan dengan RAM 8 GB menyuguhkan kinerja yang ngebut.

Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus bersamaan tidak ada kendala. Bahkan bermain game berat, seperti Genshin Impact berjalan lancar.

Tapi memang saat bermain game AAA bodi bagian belakang agak terasa panas. Agar nyaman baiknya menggunakan case.

Galaxy Z Flip3 memiliki baterai 3.300 mAh. Saat digunakan sebagai daily driver, smartphone ini tahan seharian.

Namun Samsung masih memberikan pengisian cepat 25W ditengah kompetitornya yang sudah menggunakan 66W. Sehingga butuh waktu lebih lama untuk mengisi penuh Galaxy Z Flip3.

Kamera

1631701884-Hasil-Foto-Kamera-Samsung-Galaxy-Z-Flip3.jpgSumber: Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Z Flip3. (Dok. Urbanasia)

Galaxy Z Flip3 membawa tiga kamera. Dua dipasang di bagian luar, satu lagi di layar utama.

Kamera bagian luar masing-masing berukuran 12 MP, namun salah satu fungsinya sebagai sensor ultra-wide.

Sementara kamera selfie yang berada di punch hole berukuran MP.

Dua amera belakang Galaxy Z Flip3 mampu mengambil foto dengan sangat bagus, bahkan di kondisi malam sekalipun. Gambar yang dihasilkan tajam dan detail.

Sementara kamera di dalam tidak seunggul kamera luar. Namun sudah cukup digunakan untuk video call.

Toh bila ingin foto selfie lebih ciamik bisa menggunakan kamera luar dengan memanfaatkan layar kedua.

Oh iya, Samsung memberikan beberapa fitur kamera yang sangat menarik. Ada dual preview yang bikin objek yang difoto dapat meninjau komposisi sebelum dipotret, 

Jadi tidak ada lagi foto yang salah angle ketika minta tolong teman memotret. 

Coba juga Auto Framing yang menempatkan semua objek berada di tengah. Berguna banget saat foto bareng rekan atau keluarga sehingga tidak ada lagi objek yang terpotong.

Kesimpulan

1631701969-Samsung-Galaxy-Z-Flip3-2.jpgSumber: Samsung Galaxy Z Flip3. (Dok. Urbanasia)

Samsung Galaxy Z Flip3 memberikan pengalaman seru yang belum pernah dirasakan pada ponsel standar. 

Kita masih bisa mendapatkan ponsel dengan layar lapang, namun punya body sangat compact. Bahkan memungkinkan untuk disimpan di saku atau tas kecil.

Tampilannya pun stylish. Cocok untuk dipadupadankan dengan fashion kamu.

Smartphone ini pun dapat menemani berbagai aktivitas. Sebab durabilitasnya yang lebih kokoh serta dibuat tahan air,

Galaxy Z Flip3 punya layar kedua yang sangat berguna. Hanya ketuk ganda untuk melihat informasi jam dan lainnya.

Dapat pula meninjau pesan yang masuk. Jadi bantu menyortir mana pesan yang perlu segera dibalas atau tidak.

Kualitas layar bagian dalam pun memuaskan mata, bikin semangat maraton Money Heist season 5. Apalagi suara speakernya yang nendang di telinga.

Kinerja ponsel ini pun gegas. Tak kalah memuaskan adalah hasil kameranya yang menampilkan warna akurat, deatil dan tajam.

Jadi apakah perlu membeli Galaxy Z Flip3 ini? Denga harga mulai dari Rp 15 juta dan memberikan pengalaman yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya, jawabnnya sangat patut dipinang untuk dibawa pulang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait