Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ribuan Orang Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan di Yunani

Kintan Lestari,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ribuan Orang Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan di Yunani
Image: Pemadam kebakaran mencoba memadamkan api yang membakar hutan di dekat Afidnes, sebelah utara Athena, Yunani (5/8/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Costas Baltas/aww.)

Athena - Negara Yunani kini sedang dalam musibah. Negara tersebut kini dilanda kebakaran hutan yang mengerikan.

Dan kebakaran itu tidak hanya menghanguskan hutan saja, tapi juga rumah penduduk di pinggiran utara Athena yang membuat mereka harus dievakuasi.

Kebakaran tersebut sudah terjadi sejak hari Selasa (3/8/2021) lalu. Penyebabnya adalah gelombang cuaca panas yang terjadi seminggu belakangan ini. 

Kebakaran hutan terparah terjadi di utara Athena, pulau Evia, dan daerah di Peloponnese termasuk Mani, Messinia dan Olympia kuno, yang merupakan tempat Olimpiade pertama.

"Kami menghadapi malam lain yang lebih sulit," kata Wakil Menteri Perlindungan Sipil Nikos Hardalias kepada wartawan seperti dikutip Reuters, Jumat (6/8/2021). 

"Kebakaran hutan dengan intensitas dan penyebaran yang belum pernah terjadi sebelumnya, semua pasukan kami berjuang siang dan malam untuk menyelamatkan nyawa, bersama dengan sukarelawan," lanjutnya.

Lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran dan hampir 20 pesawat yang membawa bom air terus memerangi kebakaran besar di seluruh Yunani yang terjadi sejak hari Selasa itu. 

Negara lain seperti Prancis, Swiss, Rumania, Siprus, Kroasia, Israel, Swedia, dan AS juga mengirimkan petugas pemadam kebakaran mereka, pesawat, helikopter, dan kendaraan.

Meski ribuan pemadam kebakaran dikerahkan, pergeseran arah angin menyebabkan titik api baru sehingga api sulit dipadamkan. Dilaporkan ada lebih dari 150 kebakaran, dengan enam daerah berstatus siaga tinggi.

Di pinggiran Athena, angin kencang mendorong kebakaran ke kota Thrakomamadedones. Penduduk di sana telah diperintahkan untuk mengungsi. 

"(Ini) sangat buruk. Seluruh Yunani telah terbakar," kata Thanasis Kaloudis, penduduk Thrakomamadedones.

Pihak berwenang mengatakan kebakaran hutan telah membuat lebih dari 2.000 orang dievakuasi dari pulau Evia, sembilan orang terluka, dan dua orang tewas, yang mana seorang di antaranya adalah pemadam kebakaran.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait