beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Rini Sugianto, Animator Indonesia di Balik Film 'Tintin' dan 'Avenger'

Shelly Lisdya,
13 September 2022 15.02.56 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rini Sugianto, Animator Indonesia di Balik Film 'Tintin' dan 'Avenger'
Image: Rini Sugianto. (Instagram/rinisugianto)

Jakarta - Siapa sih yang nggak suka film 'Avenger' dan beberapa film Hollywood lainnya? Siapa sangka jika film-film besar itu juga digarap oleh campur tangan orang Indonesia, loh, Urbanreaders.

Ya, ialah Rini Sugianto yang merupakan animator, fotografer, dan desainer wanita yang ikut serta dalam penggarapan beberapa film-film Hollywood. Dia merupakan orang Indonesia yang menjadi animator di kancah internasional. Nah, berikut profilnya!

Rini Sugianto lahir di Bandar Lampung pada 3 Januari 1980. Selain dikenal dalam pembuatan film 'Avenger', Rini juga dikenal dengan karya-karyanya yang mendunia dan memiliki nama di seluruh penjuru dunia, seperti 'The Adventure Of Tintin : The Secret Of Unicorn' dan 'The Hobbit : An Unexpected Journey'. 

Rini menempuh pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengahnya di kota tempat ia lahir, kota Lampung dan berpindah ke Bogor untuk menempuh pendidikan sekolah menengah atas, tepatnya di SMA Regina Pacis Bogor. 

Desainer wanita ini kemudian melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di Universitas Parahyangan Bandung dengan mengambil jurusan Arsitektur. 

Siapa sangka jika Rini ternyata tak pernah terlibat dalam dunia seni. Sebaliknya, ia lebih banyak terlibat dalam dunia olahraga. Ia mulai tertarik pada dunia animasi saat dihadapkan oleh tugas akhir kuliahnya. Dan dari situ, ia mulai menekuni dunia animasi.

Usai menyandang gelar sarjana, Rini mengambil S2 dengan jurusan Animasi di Academy of Art University San Fransisco.

Usai lulus kuliah, Rini memulai kariernya dengan menjadi seorang pekerja magang di Stormfront Studio selama satu tahun. Kemudian, ia pindah ke Blur Studio sebagai Animator dan Supervisor Animator. Berkat kemampuannya, ia pun menyumbang banyak karya dalam perusahaan-perusahaan tersebut.

Pada 2010, Rini direkrut oleh perusahaan WETA Studio yang berpusat di negara New Zealand dan ia bergabung dalam tim kreatif pembuatan film tiga dimensi, sebuah film yang diadaptasi dari komik 'The Adventure of Tintin'. 

Film tersebut adalah proyek pertamanya yang membutuhkan banyak sekali karakter tiga dimensi dan Rini mengerjakannya dalam waktu kurang lebih satu tahun. 

Tak lama, Rini mendirikan sebuah forum mentoring bernama Flash Frame Workshop, dengan tujuan agar memperluas bidang animasi di Indonesia. 

Beberapa animasi yang digarap Rini, seperti 'The Hunger Games : Catching Fire' , 'Ready Player One', 'Iron Man 3', 'The Avenger: Age of Ultron', dan masih banyak lagi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait