Sao Paulo - Roberto Firmino lagi sulit sekali bikin gol untuk Liverpool. Tapi, sekalinya gabung ke Timnas Brasil, Firmino malah bikin dua gol. Lo, kok gitu?

Firmino memang dikritik meski perannya penting untuk gaya main Liverpool. Liverpool jadi selalu mengandalkan Sadio Mane dan Mohamed Salah saja, sementara Firmino kerap kesulitan mengimbangi kedua rekannya itu dalam hal gol.

Padahal Firmino berposisi sebagai penyerang utama. Musim lalu Firmino cuma membuat 12 gol di seluruh kompetisi, sembilan di antaranya dibuat di Liga Inggris. Firmino bahkan sempat lama tidak bikin gol kandang, selama setahun lebih di liga, sebelum mencetak gol ke gawang Chelsea Juli lalu.

Nah, di awal musim 2020/2021 pun, Firmino masih tidak bisa bikin gol dari lima pertandingan berlalu. Ketika Timnas Brasil masih memanggilnya untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2020, pertanyaan pun muncul. Kok bisa?

Firmino bahkan dijadikan starter saat Brasil menjamu Bolivia di Arena Corinthians, Sabtu (10/10/2020) pagi WIB tadi. Dia diduetkan bareng Neymar dan Everton Ribeiro.

Pada ment ke-16, Brasil membuka keunggulan lewat tandukan Marquinhos meneruskan umpan silang Danilo. Firmino lantas mencatatkan namanya di papan skor ketika pada menit ke-30, kesalahan lini belakang Bolivia membuatnya mudah saja menceploskan bola umpan Renan Lodi.

Firmino lantas menambah golnya lagi pada menit ke-49 sekaligus membuat Brasil unggul 3-0. Firmino menyambar umpan Neymar jadi gol. Di menit ke-66 gol bunuh diri Jose Carasco dan Philippe Coutinho di menit ke-73 membuat Brasil menang 5-0.

Bintang pada laga ini tentu Firmino yang membuat dua gol. Jumlah gol di laga itu lebih banyak dari 22 pertandingan terakhir Firmino di Anfield. Kira-kira, bisakah Firmino kembali galak di kandang bersama Liverpool? Kita tunggu saja.

Yang pasti Brasil kini dengan nyaman memimpin klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan di atas Kolombia yang menang 3-0 atas Venezuela.

Komentar
paper plane