Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup 16 Agustus: Baju Adat Baduy Jokowi hingga PPKM Diperpanjang Lagi

Urbanasia,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup 16 Agustus: Baju Adat Baduy Jokowi hingga PPKM Diperpanjang Lagi
Image: Presiden Jokowi saat memberikan Pidato Kenegaraan. Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden

Jakarta - Sejumlah informasi terangkum pada Senin (16/8/2021) nih, Urbanreaders! Kabar di antaranya Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI.

Lalu, ada informasi mengenai  emerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021. Keputusan ini diberlakukan untuk daerah yang menerapkan PPKM level 4, 3, dan 2.

Nah, biar nggak penasaran, langsung saja berikut roundup top 5 news Urbanasia di hari ini.

1. Baju Adat Baduy dan Mandar Dipakai Jokowi-Maruf Amin di Sidang Tahunan MPR

1629088635-jokowi-baju-baduy.jpgSumber: Presiden Jokowi mengenakan baju adat suku Baduy di sidang tahunan MPR. (Instagram @jokowi)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali mengenakan pakaian adat saat menghadiri Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT Ke-76 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Tahun ini Jokowi menggunakan pakaian adat Suku Baduy dari Banten, guys. Jokowi tampak mengenakan pakaian serba hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri.

Tak lupa, Ia juga menggunakan songkok dengan perpaduan warna hitam dan biru. Penampilan Jokowi semakin lengkap dengan sandal berwarna hitam dan tas rajut berwarna coklat.

2.  Dinilai Tugasi Peserta Berlebihan, Panitia Ospek UNNES Banjir Protes

1629095048-Surat-Terbuka.pngSumber: Surat Terbuka PPAK UNNES (Instagram/ppakunnes)

Memasuki tahun ajaran baru, para mahasiswa sedang ramai mengikuti orientasi virtual di masing-masing universitas. Namun, panitia orientasi dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) banjir protes karena memberikan tugas yang terlalu banyak.

Banyak mahasiswa baru yang menyampaikan keluh kesahnya terkait kebijakan tugas PPAK UNNES 2021 ini. Tugas yang diberikan antara lain ialah popcorn challenge di TikTok, video menari, rap challenge dengan lirik bertema Bhinneka Tunggal Ika, menulis esai konservasi budaya, dan masih banyak lagi.

Menurut netizen, panitia harus siap untuk menerima kritik dari peserta orientasi. Jika mayoritas keberatan dengan tugas tersebut, seharusnya bisa dievaluasi. Mengingat saat ini pun masih masa pandemi.

3. Comeback, Red Velvet Rilis Mini Album 'Queendom' Hari Ini

1628745006-Red-Velvet-(2).jpgSumber: Red Velvet comeback lewat Queendom/SM Entertainment

Hari ini (16/8/2021) Red Velvet comeback dengan mini album bertajuk 'Queendom'. Mini albumnya akan dirilis pukul 6 sore waktu Korea Selatan, atau kalau di Indonesia jam 16.00 WIB.

Lewat 'Queendom', Red Velvet akan mempersembahkan enam lagu dengan berbagai genre. Tak hanya mini album, SM Entertainment juga akan merilis Music Video (MV) dari lagu utama 'Queendom'.

'Queendom' merupakan lagu pop dance yang refreshing dengan kombinasi flute, brass riff, dan synth bass yang menceritakan bahwa setiap perempuan adalah ratu dalam kehidupannya.

4. Hadiri Sidang Virtual, Jennifer Jill Divonis Rehabilitasi

1614160456-Jennifer-Jill.jpgSumber: Jennifer Jill. (Instagram @jennifer_ipel)

Selebrita Jennifer Jill Armand Supit dinyatakan bersalah atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu oleh Majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat. 

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Muhammad Irfan, dengan Hakim Anggota I Sapto Supriyono dan Hakim Anggota II Sri Hartati, Jennifer tidak hadir dalam ruang sidang PN Jakarta Barat dan mengikuti sidang secara virtual.

"Menyatakan terdakwa, Jennifer Jill Armand Supit terbukti terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan satu bagi dirinya sendiri," ungkap Hakim Ketua dalam sidang putusan, di Jakarta, Senin (16/8/2021) dikutip Antara.

 "Menjatuhkan pidana Jennifer Jill dengan kurungan penjara selama enam bulan," sambungnya.

5. PPKM Level 4 di Jawa-Bali Kembali Diperpanjang hingga 23 Agustus

1629122690-luhut-(1).jpgSumber: Image: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ketika menyampaikan pengumuman perpanjangan PPKM (Tangkapan layar YouTube/Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI)

Pemerintah resmi memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021. Keputusan ini diberlakukan untuk daerah yang menerapkan PPKM level 4, 3, dan 2.

"Atas petunjuk dan arahan presiden, maka PPKM Level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali diperpanjang sampai 23 Agustus 2021," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melalui akun YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin (16/8/2021).

Luhut mengatakan, penerapan perpanjangan PPKM sampai 16 Agustus 2021 sudah cukup menunjukkan hasil baik. Ada penurunan kasus konfirmasi hingga 76 persen sampai 15 Agustus 2021. Selain itu, tren positivity rate juga terus menurun.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait