menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Roundup Top 5 News Urbanasia, 20 April 2021

Urbanasia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Roundup Top 5 News Urbanasia, 20 April 2021
Image: Forbes 30 Under 30 Asia 2021. (Forbes)

 

Jakarta  -  Perpanjangan masa PPKM di Jakarta menjadi pertanda masih seriusnya masalah penyebaran COVID-19 di Indonesia. Bisa jadi pertanda juga kalau lebaran tahun 2021 ini masih akan sama seperti tahun lalu. Nggak apa-apa ya, guys, tahun ini lebaran virtual lagi? 

Selain berita tentang PPKM yang diperpanjang, Jakarta juga lagi ramai dibicarakan karena gubernurnya baru saja menghadiri forum virtual PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Pidato Pak Anies Baswedan langsung mendapat dukungan Sekjen PBB, António Gutteres. Apa isi pidato Pak Anies? Baca juga intisari berita lain di rangkuman Roundup Top 5 News hari ini.

Baca juga : Roundup Top 5 News Urbanasia, 19 April 2021

1. Pemprov DKI Jakarta Perpanjang PPKM Mikro hingga 3 Mei 

1591622851-antarafoto-kemacetan-jakarta-jam-masuk-kantor-normal-baru-080620-rn-7-1.jpgSumber: Sejumlah pengendara kendaraan memadati Jalan Mampang Prapatan di Jakarta, Senin (8/6/2020). (IlustrasiANTARA)

DKI Jakarta kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga tanggal 3 Mei 2021.  Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dalam dua minggu terakhir terdapat peningkatan kasus COVID-19 yang fluktuatif, di mana pada tanggal 5 April terdapat 6.075 kasus aktif dan meningkat menjadi 6.924 kasus aktif.

"Ini mulai meningkat lagi. Saya ingatkan warga DKI bahwa 3M termasuk menghindari kerumunan dan menghindari mobilisasi sangat penting. Karena, pengalaman kita tahun lalu dan akhir minggu ini, menunjukkan aktivitas penduduk sudah meningkat dan angka sudah bergerak naik," ujar Widyastuti, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. 

2. 28 Anak Muda Indonesia Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021 

1618893486-Maudy-Ayunda-1.jpgSumber: Maudy Ayunda. (Instagram @maudyayunda)

Maudy Ayunda, Jerome dan Jehian Polin, serta atlit Lalu Muhammad Zohri masuk daftar 30 orang dengan usia kurang dari 30 tahun yang paling berpengaruh versi majalah Forbes. Dalam daftar yang bertajuk Forbes 30 Under 30 Asia 2021 itu muncul juga beberapa nama asal Indonesia seperti Ifandi Khainur Rahim (Founder Satu Persen), Joshua Agusta (Director Of Venture Funds Mandiri Capital Indonesia) dan Charina Prinandita (Co-Founder EATLAH)

3. Seleksi CPNS dan PPPK Non-guru 2021 Dibuka Mei - Juni, Berikut Formasinya 

1618915890-images-(1).jpegSumber: Penerimaan CPNS (Foto: Dok. Kemenpan RB)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengumumkan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru tahun 2021 dibuka pada Mei hingga Juni mendatang untuk memenuhi kebutuhan ASN pemerintah pusat maupun daerah. 

Baca juga: 5 Perusahaan di Dunia yang Telah Terapkan 4 Hari Kerja

Di bagian pemerintah pusat ada posisi dokter, perawat, jaksa, dosen, penjaga tahanan, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk kebutuhan ASN pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, tercatat ada lowongan untuk tenaga kesehatan (dokter, perawat, bidan, pranata laboratorium) dan jabatan teknis seperti pengelola keuangan dan polisi kehutanan. 

4. 6 Poin Penting dari Anies Baswedan hingga Berhasil Pengaruhi Sekjen PBB 

1618901240-anies-baswedan.jpgSumber: Anies Baswedan dalam virtual forum bertajuk 'Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations', Jumat malam (16/4/2021) (Pemprov DKI Jakarta)

Dalam virtual forum 'Dialogue Between C40 Mayors and UN Secretary General-Advancing Carbon Neutrality and Resilent Recovery for Cities and Nations', Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berkesempatan menyampaikan gagasan, solusi, serta usulan kepada PBB  dengan menekankan kembali peran pemerintah kota untuk mengurangi emisi karbon dan memastikan lingkungan yang ditinggali warga terbilang layak dan berketahanan. 

Selain dua poin itu, Anies juga menyampaikan beberapa poin lagi yaitu melakukan aksi iklim dalam transportasi, tata bangunan, dan mempromosikan energi bersih, mendorong integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan, ditutup dengan usul terakhir mendukung negara-negara mengembangkan arsitektur dan struktur pendanaan yang diperoleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal.

5. Ditentang UEFA, Ini 5 Fakta European Super League 

1618915272-ESL.jpgSumber: European Super League (ilustrasi: Twitter @Sporf)

12 klub top Eropa resmi membentuk kompetisi bernama European Super League (ESL) . Mereka merasa pembagian hadiah oleh UEFA di kompetisi Eropa seperti Liga Champions dan Liga Europa selama ini tidak adil walau UEFA mendapat banyak uang dari pihak sponsor. Ke 12 klub bola tersebut pun merancang format kompetisi baru yang bakal lebih menguntungkan. 

Perbankan Amerika Serikat JP Morgan jadi penyandang dananya dengan total investasi 6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 87 triliun. Sudah pasti gagasan ini ditentang habis-habisan oleh UEFA. Ancaman sanksi pun menanti semua pihak yang terlibat di ESL seperti larangan tampil di Piala Dunia dan Piala Eropa, serta tidak bisa membela timnas di pertandingan manapun.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait