menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Rutin Bersihkan 5 Spot Ini Jika Rumah Ingin Bebas Bakteri dan Virus

Itha Prabandhani,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rutin Bersihkan 5 Spot Ini Jika Rumah Ingin Bebas Bakteri dan Virus
Image: Ilustrasi membersihkan rumah (Freepik/prostooleh)

Jakarta - Hidup berdampingan dengan berbagai virus dan bakteri berbahaya mesti membuat kita menjaga kebersihan dengan ketat, guys. Meski kamu nggak bisa melihatnya, mereka selalu ada di sekitar kita, termasuk di dalam rumah kamu sendiri.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membasmi virus dan bakteri adalah dengan melakukan disinfeksi secara berkala. Terutama, di area-area yang bakal menjadi sarang virus dan bakteri, guys.

Dilansir dari House Beautiful, berikut sederet spot di rumah yang sering tak disadari jadi sarang kuman, sehingga perlu sering dibersihkan, guys. Yuk, simak ulasannya!

1. Barang Elektronik

1618780772-elektronik---freepik-tirachardz.jpgSumber: Membersihkan benda-benda elektronik (Freepik/tirachardz)

Barang-barang elektronik di rumah seperti televisi, remote control, AC, komputer, dan ponsel, juga dipenuhi dengan kuman, guys. Bahkan, menurut para ahli, ponsel dapat menyimpan bakteri 10x lebih banyak dibandingkan toilet, loh.

Hayo siapa yang sering makan sambil main hp? Atau nongkrong di toilet sambil cek media sosial? Nah, karena barang-barang ini sering disentuh dan terpapar kotoran dari berbagai tempat, sebaiknya kamu sering membersihkannya dengan alkohol atau disinfektan.

2. Pegangan Pintu dan Lemari

1618780734-pegangan---freepik.jpgSumber: membersihkan pegangan pintu (Freepik/Freepik)

Pegangan pintu dan lemari adalah satu bagian rumah yang sering disentuh oleh banyak orang.  Sayangnya, benda yang satu ini malah paling jarang buat dibersihkan.

Padahal, pegangan pintu dan lemari sangat potensial menyimpan berjuta kuman, guys. Nah, untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan campuran air dan cuka, lalu usapkan ke pegangan pintu dan lemari.

3. Kipas Angin Gantung

1618780784-kipas-angin---freepik-mrsiraphol.jpgSumber: Ilustrasi kipas angin gantung (Freepik/mrsiraphol)

Karena letaknya yang sulit dijangkau, kipas angin gantung jadi salah satu barang di rumah yang jarang disentuh apalagi dibersihkan. Kipas angin bakal menyimpan debu, kotoran, sekaligus berbagai kuman dan bakteri.

Setiap kali kamu menyalakannya, semua kotoran tersebut akan ikut berputar dalam ruangan bersama sirkulasi udara. Nah, lo. Karenanya, bersihkan kipas angin minimal seminggu sekali agar debu nggak sempat bertumpuk di kipasnya.

4. Bak Cuci Piring

1618780744-bak-cuci-piring---freepik-vh-studio.jpgSumber: membersihkan bak cuci piring (Freepik/vh studio)

Bak cuci piring adalah tempat berkumpulnya segala macam bakteri. Pasalnya, tumpukan sisa makanan yang membusuk, jamur, dan juga kotoran dari peralatan makan, dapat menjadi tempat yang nyaman buat bakteri berkembang biak.

Karena itu, setiap kali selesai mencuci peralatan makan, pastikan juga kamu membersihkan area pembuangannya dengan sabun antibakteri.

5. Dudukan Toilet

1618780794-dudukan-toilet---freepik-iljaest.jpgSumber: Ilustrasi dudukan toilet (Freepik/iljaest)

Saat kamu membersihkan kamar mandi, jangan lupa untuk membersihkan dudukan toilet secara menyeluruh. Tak hanya bagian permukaannya, tapi juga bagian bawah dari dudukan toilet.

Angkat dudukan toilet agar kamu bisa memastikan seluruh bagian tersebut bersih. Gunakan sabun khusus pembersih kamar mandi dan lakukan minimal seminggu dua kali.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait