beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Saat Melakukan Tren Skincare Cocktailing, Ini yang Harus Diperhatikan!

Kintan Lestari,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Saat Melakukan Tren Skincare Cocktailing, Ini yang Harus Diperhatikan!
Image: Ilustrasi serum wajah. (Freepik)

Jakarta - Belakangan ini tengah ramai tren skincare cocktailing, terutama serum cocktailing. Ini adalah tren yang muncul dengan tujuan kepraktisan.

Cara kerjanya, kamu mencampurkan satu produk serum dengan produk serum lainnya. Lalu campuran serum tersebut diaplikasikan ke wajah. Jadi pengaplikasian produknya hanya sekali.

Tapi mencampur-campur produk ala skincare cocktailing aman nggak sih? Simak penjelasannya di bawah ini.

"Kalau kita mengcokctail dengan tepat dan tahu bahwa keduanya bisa di mix, itu no problem. Tapi kita tidak akan pernah bisa 100% mengetahui ingredients satu produk karena banyak. Mungkin berisiko jelek banget nggak, tapi biasanya risiko yang akan muncul adalah ada beberapa fungsi yang jadi ternetralkan," ujar Dr Rendra Pranadipa, Chief Scientific Officer DeBiuryn DermaCosmetics dalam sebuah webinar.

Masalah lain yang juga bisa muncul kala melakukan tren ini yaitu berubahnya formula produk yang dicampur.

"Berikutnya ada juga kemungkinan bukan dari ingredients, tapi dari teknik formulasi, kalau dia dicampur kemudian menghasilkan campuran yang lebih menyumbat pori maka ada kemungkinan produk itu jadi comedogenic. Jadi prinsipnya bisa dicampur apa nggak? Bisa, tapi lebih hati-hati," pungkasnya.

Lantas, produk seperti apa yang bisa di cocktailing? Menurut Dipa, yang baik untuk di cocktail adalah produk yang sejenis.

"Pilih yang sejenis, misalnya yang air sama air, yang krim sama krim. Itu lebih gampang. Kalau air dan krim dicampur itu lebih berisiko," tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait