beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Mengenal Serum Cocktailing, Apa Sih Itu?

Kintan Lestari,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Serum Cocktailing, Apa Sih Itu?
Image: Ilustrasi pakai serum. (Freepik)

Jakarta - Buat yang ingin punya kulit flawless, dewy, glowing ala bintang Korea, kamu perlu mengikuti 9-10 tahapan skincare. Tapi nggak semua orang mau dan punya waktu luang untuk melakukannya.

So, rutinitas pakai skincare yang simpel lebih mendukung untuk orang-orang yang malas maupun tidak punya banyak waktu. Dan solusinya bisa dengan menggunakan metode serum cocktailing. Apa sih itu?

Serum cocktailing adalah metode menggabungkan dua jenis serum atau lebih untuk menciptakan ramuan unik tersendiri yang penuh dengan manfaat. Inovasi kecantikan ini baru berkembang tahun ini dan kemungkinan akan terus berkembang kedepannya.

Ide serum cocktailing ini muncul karena banyak yang merasa serum mereka kurang menyelesaikan masalah kulit. Jadi harus beli serum lain untuk mengatasi masalah kulit lainnya. Dan kalau masalah kulitnya banyak, akhirnya jadi beli banyak serum.

Contohnya seperti ini. A punya masalah kulit kusam dan pori-pori besar serta berjerawat. Untuk mengatasi pori-pori besar dan jerawat memang bisa dengan satu serum khusus untuk kulit acne-prone, tapi untuk masalah kulit kusam perlu serum lain yang memang mengatasi masalah tersebut.

Dengan metode serum cocktailing atau menggabungkan serum, maka pecinta serum bisa menemukan satu 'ramuan' untuk mengatasi masalah-masalah kulitnya tersebut yang begitu dipakai tidak akan memakan waktu lama dalam rutinitas kecantikan sehari-hari.

Inovasi ini kedengarannya brilian banget kan ya. Tapi...ada hal yang perlu kamu perhatikan nih. Jangan karena serum cocktailing adalah penggabungan dua jenis serum atau lebih maka kamu bebas mencampuradukkan serum yang ada. Nggak begitu cara mainnya ya, Urbanreaders.

Kamu perlu perhatikan juga pencampuran kandungan serumnya. Pasalnya ada bahan aktif yang tidak cocok digabungkan, misalnya retinol dan vitamin C atau retinol dan AHA/BHA. Salah menggabungkan kandungan skincare akan membuat kulitmu iritasi dan merusak barrier kulit.

Ahli kecantikan selebriti Renée Rouleau mengatakan serum cocktailing tidak menjamin akan memberikan hasil yang baik.

"Setiap rutinitas perawatan kulit yang baik terdiri dari beberapa langkah dan oleh karena itu ada banyak produk. Namun, bahan 'koktail' tidak menjamin hasil terbaik," ujar Rouleau seperti dikutip dari POPSUGAR.

Disampaikan Rouleau, serum diformulasikan secara khusus oleh ahli kimia kosmetik yang memahami cara bahan kandungan bereaksi ketika disatukan, serta cara terbaik untuk memberikan bahan-bahan tertentu ke kulit.

Oleh sebab itu, serum cocktailing ini tidak bisa sembarangan dilakukan karena bisa saja menghilangkan efektivitas serumnya.

"Tidak semua serum diciptakan sama. Secara kimia, satu formula mungkin dirancang untuk memberikan pengiriman dalam mekanisme tertentu dan produk lain mungkin tidak memiliki peningkat penetrasi yang sama, jadi jika kamu mencampurnya bersama, kamu mungkin kehilangan kemanjurannya," kata Rouleau lagi.

Maka dari itu, Rouleau lebih mengajurkan melakukan serum cocktailing dengan bergantian memakai serum yang dipakai daripada langsung mencampurkannya.

"Kamu menginginkan berbagai latihan yang berbeda pada hari yang berbeda yang semuanya bekerja untuk memberikan hasil akhir terbaik - hal yang sama berlaku untuk kulit juga. Ini akan memastikan kamu tidak membuat kulit stres dengan menggunakan terlalu banyak bahan aktif atau keras sekaligus," jelasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait