Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Sah Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Tunggu Dilantik

Anisa Kurniasih,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sah Jadi Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa Tunggu Dilantik
Image: Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/11/2021). (ANTARA FOTO)

Jakarta - Jenderal Andika Perkasa resmi disahkan sebagai Panglima TNI pilihan Presiden Jokowi menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sedang memasuki masa pensiun.

 Kepastian tersebut diputuskan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Senin (8/11/2021) yang dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani dan dihadiri langsung Andika Perkasa serta 366 anggota dewan dari seluruh fraksi, baik secara fisik dan virtual.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid terlebih dulu menyampaikan laporan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap Andika Perkasa yang digelar Sabtu (6/11/2021).

Usai mendengar laporan Komisi I Puan melempar ke peserta rapat pilihan untuk menyetujui Andika sebagai Panglima TNI. 

"Sidang dewan perkenankan kami tanya, apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test tentang pemberhentian Hadi Tjahjanto dan menetapkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI dapat disetujui," kata Puan yang langsung disambut kata setuju oleh anggota dewan.

"Tok," Puan mengetuk palu sidang tanda Jenderal Andika Perkasa sah sebagai Panglima TNI.

Sementara itu, Andika Perkasa mengaku belum tahu kapan akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebaga Panglima TNI setelah DPR RI memberikan persetujuan.

"Saya belum diberi tahu (dilantik sebagai Panglima TNI). Belum dikasih tahu sampai sekarang," kata Jenderal Andika usai menghadiri Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (8/11/2021) dikutip Antara.

Oleh karena itu, dia masih menunggu waktu untuk dilantik secara resmi oleh Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Selain itu Jenderal Andika menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPR RI yang telah menyetujui surat presiden (surpres) terkait dengan usulan pengangkatan dirinya sebagai calon Panglima TNI.

"Dan yang terpenting adalah terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah mengikuti sejak awal prosesnya. Berikutnya saya masih menunggu untuk secara resminya dari Presiden," ujarnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait