Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Saipul Jamil Sebut Maafkan Pelapor, Psikolog: Playing Victim

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Saipul Jamil Sebut Maafkan Pelapor, Psikolog: Playing Victim
Image: Saipul Jamil bersama sang kekasih sebelum meninggalkan lapas Cipinang. (Dok. Urbanasia).

Jakarta - Kakak Saipul Jamil, Muhammad Sholeh Kawi beberapa waktu lalu menyebut jika sang adik sama sekali tidak memiliki dendam kepada pelapor. 

Ia bahkan meyakini mantan istri Dewi Persik itu sudah memaafkan DS yang tak lain adalah remaja yang melaporkan Saipul Jamil yang juga korban pencabulan sang pedangdut.

"Terkait masalah ini, dia juga nggak akan dendam pada siapa pun dan pihak mana pun," kata Muhammad Sholeh Kawi.

"Yang pasti Saipul Jamil tidak akan balik mengambil langkah hukum terhadap DS," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Malang, Salis Yuniardi menyatakan jika Saipul Jamil telah playing victim.

"Bisa jadi dia melupakan pelaku, tapi pelaku ini bergerak bebas dan diberikan panggung oleh media. Kan dampaknya korban bisa dua kali lipat. Ditambah dia playing victim," katanya saat dihubungi Urbanasia, Senin (6/9/2021).

Dekan Psikolog Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini juga menyebut jika seolah-olah Saipul Jamil adalah korban akibat perbuatan pelapor yang memenjarakan pedangdut itu.

"Eksplisit kalimatnya memaafkan anak yang memenjarakan. Padahal kita tahu mana yang salah, bahaya ini malah playing victim," tegasnya.

Ia pun mengkhawatirkan kepada masyarakat yang tidak mengikuti kasus tersebut mulai awal yang nantinya malah akan membully pelapor yang juga korban kekerasan seksual Saipul Jamil.

"Boleh jadi Saipul menerima hukuman, tapi kan tidak sebanding dengan korban. Kalau eksplisit seperti ini, kasihan psikologis korban," tandasnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait