beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Kurangi Nonton Drakor

Putri Rahma,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Kurangi Nonton Drakor
Image: Kemenparekraf

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ajak masyarakat untuk mengurangi nonton drama korea (Drakor) serta K-Pop dan lebih menggemari drama sunda (Drasun) dan dangdut koplo.

Menurutnya, industri ekonomi kreatif Indonesia masuk tiga besar dunia. Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi acara Keuken 2022, Sunday Funday di Bandung, Minggu (28/8/2022).

Sandiaga Uno menilai, produk budaya asing seperti drama korea atau K-pop dapat dikurangi dengan menambah konsumsi kreatif dalam negeri seperti drama Sunda, tentu hal konsumsi kreatif ini dapat membuat Indonesia semakin maju.

"Kalau kita kurangi dengar K-Pop atau drakor, kita banyak nonton drama sunda (drasun) atau dangdut koplo, kita mudah-mudahan dalam lima tahun ke depan bisa membalap Korea,"kata Sandiaga Uno, pada Senin (28/8/2022).

"Ekonomi kreatif kita sekarang masuk tiga besar dunia setelah Amerika dengan Hollywood, Korea dengar K-Pop dan Drakor, Indonesia sudah di posisi tiga," tambahnya.

Kehadiran Sandiaga Uno dalam festval kuliner Keuken 2022 ini juga menjadi momentum kebangkitan pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Bandung, Jawa Barat.

Keuken 2022 sendiri merupakan salah satu event yang berhasil masuk ke dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, festival ini pun diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Jawa Barat khsusunya di Kota Bandung.

"Ketika suatu event terkurasi dengan baik dan terlaksana lebih dari lima tahun, event ini bukan hanya menjadi event nasional. Tapi berpotensi menjadi event Internasional,"kata Sandiaga Uno.

Keuken 2022 ini telah digelar sejak tahun 2011 dan diikuti oleh sebanyak 56 pelaku kuliner asal Bandung dan sudah diakurasi. Festival bertajuk Keuken 2022: Sunday Funday ini dilaksanakan di Kiara Artha Park Bandung.

Ia juga mengatakan event Keuken ini dapat menjadi represntasi kreativitas pelaku kuliner di Indonesia, sehingga festival ini berpotensi dikenalkan dalam masa Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 mendatang.

"Event seperti ini adalah uniquely Indonesia. Jadi bukan hanya Bandung saja dan ini bisa kita tampilkan di Asean Travel Fair Travex 2023," ucapnya.

Di tempat sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menambahkan bahwa Keuken 2022 merupakan fetival yang dapat menjadi wadah kreativitas pelaku ekonomi kreatif Indonesia.

"Ini salah satu kebanggaan Jawa Barat dimana rata-rata kulinernya ini eksperimental bukan waralaba. Anak-anak muda ini berkreasi menghasilkan karya-karya kuliner yang bisa kita saksikan sendiri dan selalu berinteraksi dengan desainer. Jadi tidak hanya urusan makanan tapi suasana produk-produk kreatif dalam suatu keluarga besar kreativitas," ucap Ridwan Kamil.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait