menu
user
URnews

Satgas COVID-19: Tolong Bijak dan Cermat untuk Mudik Lebaran 2021

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Satgas COVID-19: Tolong Bijak dan Cermat untuk Mudik Lebaran 2021
Image: Ilustrasi mudik di tengah pandemi. (ANTARA FOTO)

Jakarta - Pemerintah belum memberikan kepastian soal kebijakan mudik lebaran di tahun 2021.

Namun, Satgas Penanganan COVID-19 mengingatkan masyarakat agar perayaan Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa bulan ini disikapi secara bijaksana dan dilakukan dengan sederhana.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito mengatakan hingga kini pemerintah masih membahas soal kebijakan yang akan diambil saat Idul Fitri.

Apalagi mengingat, momen yang kental dengan tradisi mudik lebaran ini berdampak pada peningkatan mobilitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lainnya. 

"Sejauh ini dengan kebijakan mudik lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait," kata Wiku dikutip dari keterangan persnya, Rabu (17/3/2021).

Sehingga apapun keputusannya nanti, ia berharap masyarakat bisa menyikapinya secara bijaksana. Menurutnya, mau mudik lebaran dilarang ataupun tidak, masyarakat harus tetap cermat mengampil keputusan terbaik dalam merayakan lebaran.

"Saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat, untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan," pesan Wiku.

Sementara itu pada 2020 lalu, pemerintah telah melarang mudik lebaran bagi masyarakat di tengah masa pandemi COVID-19. Larangan yang awalnya diperuntukkan bagi TNI-Polri dan ASN itu kemudian diterapkan juga untuk masyarakat umum.

Nah kalau tahun ini bagaimana ya nasibnya? Apakah pemerintah akan kembali melarang mudik lebaran atau memperbolehkannya dengan syarat-syarat khusus? Kita tunggu saja kabar selanjutnya, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait