Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

Seberapa Sering Kita Harus Mandi dalam Sehari?

Kintan Lestari,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Seberapa Sering Kita Harus Mandi dalam Sehari?
Image: Ilustrasi mandi. (Pixabay/StockSnap)

Jakarta - Urbanreaders, kalian sadar nggak sih kalau semenjak pandemi frekuensi mandi kamu jadi lebih sering. Soalnya saat keluar rumah, pulangnya kamu disuruh langsung mandi lalu ganti pakaian.

Mandi setelah berpergian di masa pandemi memang niatnya baik, supaya virus, kuman, atau bakteri dari luar rumah tidak masuk ke dalam rumah. Tapi akibat terlalu sering mandi, kulit jadi kering.

Nah, biar kulit nggak jadi kering, baiknya berapa kali sih kita harus mandi dalam sehari?

Melansir WebMD, kulit normal dan sehat mempertahankan lapisan minyak dan keseimbangan bakteri baik serta mikroorganisme lainnya yang melindungi kulit dari kekeringan dan kuman. 

Tapi itu semua bisa hilang ketika mandi terlalu sering, terutama dengan air panas atau sabun yang kandungannya keras.

Akibat hilangnya lapisan minyak itu dan bakteri baik, kulit jadi kering, teriritasi, dan gatal. Ini dapat menyebabkan retakan pada kulit yang memungkinkan kuman dan alergen masuk sehingga menyebabkan infeksi kulit atau reaksi alergi.

Tapi jangan karena mandi keseringan bikin kulit kering terus kamu jadi malas mandi. Jarang mandi juga tidak bagus. Ya karena bau badan kamu akan menyengat kalau jarang mandi, terutama di bagian ketiak dan selangkangan. 

Jarang mandi juga dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan keringat pada kulit yang memicu jerawat, dan bisa memperburuk kondisi seperti psoriasis, dermatitis, dan eksim. 

Mandi terlalu sedikit juga dapat memicu ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat pada kulit. Kalau terlalu banyak bakteri jahat pada kulit, maka akan muncul risiko infeksi kulit. 

Seberapa Sering Harus Mandi?

1628039051-mandi---freepik-torwalphoto.jpgSumber: Ilustrasi mandi. (Freepik/torwalphoto)

Tidak ada satu ukuran pasti untuk jawaban ini. Banyak dokter mengatakan mandi sekali setiap hari baik untuk kebanyakan orang. Kalau kamu banyak berkeringat bisa mandi dua kali sehari. Untuk sebagian orang lainnya, terutama lansia, mandi dua sampai tiga kali seminggu sudah cukup. 

Itu semua tergantung pada gaya hidup kamu. Kalau sehari-hari kamu menghabiskan waktu lama di bawah terik matahari, maka tidak masalah mandi lebih sering dibanding mereka yang beraktivitas di dalam ruangan yang sejuk.

Sama halnya dengan yang punya alergi atau kulitnya berminyak, ada baiknya untuk mandi lebih sering. Di sisi lain, bagi orang dengan kondisi kulit tertentu akan lebih baik untuk mandi seminimal mungkin.

Dan itu tergantung berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk mandi. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di dalam air, semakin buruk efeknya pada kulit juga rambut.

Mandilah dengan waktu singkat, sekitar 5-10 menit dengan fokus membersihkan wajah, ketiak, dan selangkangan. Kecuali kamu guling-gulingan di lumpur, baru deh bersihkan seluruh anggota tubuhmu.

Suhu air juga membuat perbedaan. Mandi air panas rasanya nikmat banget kan saat cuaca dingin, sayangnya mandi dengan air panas bisa bikin kulit kering. Jadi cobalah untuk mandi dengan suhu air suam-suam kuku. Dan pilih juga produk sabun dan shampoo yang bahan kandungannya lembut di kulit. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait