menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Sederet Fakta Seru Star Wars Day, Dirayakan Setiap 4 Mei

Eronika Dwi,
5 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sederet Fakta Seru Star Wars Day, Dirayakan Setiap 4 Mei
Image: Cuplikan Film 'Star Wars: The Last Jedi'. (Lucasfilm/Disney)

Jakarta - Tanggal 4 Mei memang bukanlah hari spesial bagi banyak orang, namun bagi penggemar Star Wars tanggal ini adalah adalah hari penting.

Sebab tanggal 4 Mei dipilih menjadi hari spesial, Star Wars Day, untuk memperingati franchise film yang pertama kali muncul di tahun 1977 itu.

Para penggemar biasa merayakan Star Wars Day dengan slogannya 'May the 4th be with you'.

Merupakan Plesetan Kalimat 'May The Force Be With You'

1620114679-Luke-Skywalker-(Mark-Hamill)--dan-Kershner-(Yoda-Irvin).jpgSumber: Luke Skywalker (Mark Hamill) dan Kershner (Yoda Irvin). (Foto: Lucasfilm)

Slogan tersebut adalah plesetan dari kalimat 'May the force be with you', yang mana ungkapan khas kaum Jedi, tokoh protagonis di dunia Star Wars.

Digunakan Dalam Kultur Pop Sejak 1979

1620114741-Chewbacca-(Peter-Mayhew)-dan-Han-Solo-(Harrison-Ford).jpgSumber: Chewbacca (Peter Mayhew) dan Han Solo (Harrison Ford). (Foto: Lucasfilm)

Slogan 'May the 4th be with you' pertama kali digunakan dalam kultur pop pada 1979 setelah Partai Konservatif Inggris mengucapkan selamat kepada Margaret Thatcher.

Kala itu, Partai Konservatif Inggris mengucapkan selamat kepada Margaret Thatcher atas terpilihnya ia menjadi Perdana Menteri Wanita Inggris di tanggal 4 Mei 1979.

Untuk merayakan kemenangan itu, partai yang mengusungnya itu memasang iklan di The London Evening News, yang isi pesannya berbunyi: "May the Fourth Be With You, Maggie. Congratulations."

Sejak itu, salam 'May the 4th be with you' pun menjadi bagian tradisi yang dirayakan para penggemar Star Wars di seluruh dunia.

Dibuat Penggemar

1620114732-Darth-Vader.jpgSumber: Darth Vader. (Foto: Lucasfilm)

Star Wars Day sendiri sebenarnya sama sekali tak pernah datang dari Lucasfilm, perusahaan pembuat film Star Wars maupun Disney. Ide tersebut dibuat oleh, dari dan untuk penggemar.

Melihat antusias penggemar saat merayakan 'May the 4th be with you' yang akhirnya membuat LucasFilm pun merestui tanggal 4 Mei sebagai Star Wars Day.

Begitu pula dengan Disney yang membuat perayaan khusus Star Wars Day di berbagai Disneyland dunia sejak 2013.

Star Wars Day biasa dirayakan oleh penggemar lintas generasi itu dengan mengunggah karya di Instagram dengan menambah tagar 'Maythe4thBeWithYou' dan 'StarWarsDay'.

Di hari spesial itu, banyak penggemar berlomba-lomba menjadi para tokoh film Star Wars, seperti Han Solo, Princess Leia, Queen Padme Amidala, Rey, maupun Darth Vader di Star Wars Day.

1620114529-Art-Work-Star-Wars-The-Last-Jedi.jpgSumber: Art Work Star Wars The Last Jedi. (Lucasfilm/Disney)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait