Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Sejarah Sepak Bola, Olahraga Populer di Dunia

Elga Nurmutia,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejarah Sepak Bola, Olahraga Populer di Dunia
Image: Ilustrasi sepak bola. (Freepik/Master1305)

Jakarta - Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Sepak bola merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim berbeda, jumlah pemainnya terdapat 11 orang pemain dalam setiap timnya. Ketika melakukan permainan sepak bola menggunakan bola dari berbahan kulit.

Selain itu, pemain juga tidak diperbolehkan menggunakan tangan dalam memainkan bola. Terkecuali untuk penjaga gawang diperbolehkan menggunakan tangan.

Bebicara lebih jauh mengenai sepak bola, adapun sejarahnya. Berikut, sejarah sepak bola yang telah dirangkum Urbanasia, Selasa (21/9/2021).

Sejarah Sepak Bola

1632214872-sepak-bola-1.jpgSumber: Ilustrasi sepak bola. (Freepik/Cookie_Studio)

Sejarah mengenai sepak bola ini berawal dari negara Tiongkok pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi. Pada masa Dinasti Han, masyarakat tersebut melakukan permainan sepak bola dengan menendang serta menggiring bola ke arah jaring kecil.

Kemudian, di negara Italia juga ada permainan dengan menggiring serta menendang bola dan disukai masyarakat, khususnya di abad-16. 

Ketika telah ada penetapan peraturan mengenai sepak bola di Inggris. Rupanya, permainan sepak bola ini sudah mulai berkembang sehingga menjadi olahraga favorit di sejumlah kalangan.

Sampai tahun 1800-an juga, olahraga yang satu ini mulai menyebar melalui para pelaut, pedagang bahkan tentara Inggris ke berbagai penjuru dunia. Ketika tahun 1940, mulai dibentuklah asosiasi tertinggi sepak bola dunia, yakni FIFA.

Kehadiran FIFA sebagai organisasi sepak bola di dunia, melahirkan sebuah kompetisi diawali di berbagai negara dunia.Sejak saat itulah membuat permainan sepak bola ini menjadi semakin populer hingga kini.

Nah, itu dia sejarah mengenai sepak bola. Menarik bukan? Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait