menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Sejumlah Wilayah Jatim Berpotensi Banjir Bandang dan Tanah Longsor

Nivita Saldyni,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sejumlah Wilayah Jatim Berpotensi Banjir Bandang dan Tanah Longsor
Image: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Humas Pemprov Jatim)

Surabaya - Urbanreaders di Jawa Timur (Jatim) tampaknya harus meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda kembali mengeluarkan peringatan dini adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah hingga Senin (12/4/2021).
 
Berdasarkan peringatan dini BMKG Juanda, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang sesaat bakal terjadi pada 10 - 12 April 2021. Bahkan pada 10 - 11 April 2021, BMKG menyebut potensi banjir berada pada level waspada.

Menanggapi peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pun meminta masyarakat Jatim untuk meningkatkan kewaspadaan. Lewat akun Instagramnya, ia pun membagikan beberapa imbauan untuk warga Jatim.
 
"PERHATIAN ! Kepada seluruh warga Jawa Timur, khususnya yang tinggal di wilayah lereng pegunungan dan bantaran aliran sungai besar. Dimohon untuk WASPADA terhadap potensi banjir bandang dan tanah longsor pasca gempa bumi 6.1 magnitudo di Selatan Jawa Timur, Sabtu (10/4)," kata Khofifah dikutip dari akun Instagram pribadinya, Minggu (11/4/2021).

Ia pun mengimbau warga untuk menjauhi lereng. Dan jika hujan deras terjadi, warga diminta menghindari berada di lembah sungai.

"Berdasarkan data BMKG, daerah rawan tersebut meliputi Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Mojokerto,  Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Trenggalek, dan Kabupaten Tulungagung. MOHON WASPADA ! Semoga tetap aman terkendali," pesannya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait