Hot News

Jakarta - Media sosial Twitter sejak pagi hingga sore hari ini (15/9/2020) diramaikan dengan tagar seputar Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) mahasiswa baru (maba) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Itu bermula dari beberapa senior yang membentak seorang maba perihal masalah ikat pinggang. 

Kejadian tersebut sebenarnya sering kita alami saat jadi maba, baik saat naik ke tingkat SMP sampai perguruan tinggi.

Kakak tingkat (kating) atau senior banyak marah-marah, meski kadang tidak jelas alasannya. Dan itu adalah hal yang biasa kita temui saat Ospek.

Selain senior yang marah-marah, ada beberapa hal juga loh yang sering kita temui di masa Ospek. Apa aja?

- Pemakaian Atribut Aneh

Kalau kamu melihat seseorang memakai atribut aneh, sudah bisa dipastikan dia adalah maba. Entah itu pakai kaus kaki beda warna, topi jerami, sampai tanda pengenal yang desainnya mentereng.

Kalau Urbanreaders sendiri pernah disuruh pakai atribut aneh apa pas zaman maba?

- Tugas Kelompok/Individu

Tugas satu ini diberikan dengan tujuan kamu berkenalan sama teman yang baru kamu temui, entah itu lingkupnya masih satu jurusan atau tingkat fakultas. 

Tujuan akhir tugas ini biasanya supaya para maba bisa memperluas circle mereka dan tahu seluk-beluk kampus, karena lebih enak kan menyusuri kampus baru bareng-bareng.

Nggak cuma tugas kelompok aja nih, kamu juga pasti dan akan diberi tugas untuk dikerjakan sendiri. Tugasnya apa? Ya, terserah senior kamu maunya apa.

1600167070-tugas-kelompok.jpgSumber: Pixabay/StockSnap

- Minta Tanda Tangan

Hal lumrah lainnya saat masa Ospek adalah para maba disuruh meminta tanda tangan seniornya, bahkan guru atau dosen. 

Tujuannya ya, supaya para mahasiswa baru ini bisa kenal sama senior mereka atau dosen mereka.

- Teman yang Pingsan

Saat Ospek kamu akan merasa seperti mendapatkan pendidikan semi militer. Kenapa? Karena semua harus sesuai jadwal dan waktunya terbatas. 

Dengan jadwal yang padat dan aktivitas tiada henti, pasti ada beberapa teman baru kamu yang fisiknya tidak kuat menjalani seluruh rangkaian Ospek.

Alhasil pemandangan seseorang pingsan sering kamu lihat di masa-masa Ospek.

Nah, itu dia Urbanreaders beberapa hal yang sering kamu temui saat masa Ospek. Dari 4 hal di atas, ada yang pernah kamu lakuin nggak nih pas Ospek?


Loading ..