menu
user
URnews

Selamat! 110.459 Peserta Dinyatakan Lulus SNMPTN 2021

Shelly Lisdya,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Selamat! 110.459 Peserta Dinyatakan Lulus SNMPTN 2021
Image: Ilustrasi - Peserta mengikuti pelaksanaan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Institut Teknologi Bandung, Bandung. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/am.

Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada pukul 15.00 WIB, Senin (22/3/2021).

Hasilnya, dari 854.599 peserta yang mendaftar, terdapat 110.459 calon mahasiswa dinyatakan lulus SNMPTN 2021. Dengan rincian 100.356 calon mahasiswa diterima di PTN pilihan 1 dan 10.103 diterima di PTN pilihan 2.

Sementara pendaftar melalui jalur KIP Kuliah yang diterima sebanyak 29.904 calon mahasiswa dari total keseluruhan pendaftar jalur ini, yakni 134.134 peserta.

"Selamat untuk kawan-kawan yang tidak diterima di SNMPTN 2021 ini. Sementara peserta yang dinyatakan tidak lulus masih ada kesempatan untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2021 dan jalur mandiri PTN. Tetap semangat ya," ujar Ketua LTMPT, Mohammad Nasih dalam konferensi pers Pengumuman Hasil SNMPTN 2021 yang disiarkan langsung melalui YouTube resmi LTMPT.

Kemudian, peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2021 wajib melakukan daftar ulang di PTN penerima. Nantinya, daftar ulang akan diumumkan masing-masing PTN.

"PTN yang nantinya akan mengumumkan, terkait dengan waktu, syarat, proses, dan biayanya. Kami tidak mungkin mengumumkan, bagi yang berkepentingan silahkan melihat di laman PTN masing-masing," terangnya.

Sementara untuk proses daftar ulang, bakal menentukan status penerimaan peserta sebagai mahasiswa baru di PTN. Selama proses daftar ulang, PTN akan melakukan verifikasi data akademik, yakni rapor dan portofolio.

Sedangkan untuk peserta jalur KIP Kuliah, PTN penerima pun dapat melakukan verifikasi data ekonomi dan kunjungan ke tempat tinggal. Proses ini dilakukan sebelum menetapkan status penerimaan peserta SNMPTN 2021.

Lebih lanjut, Nasih mengungkapkan, untuk tahun ini tidak ada lagi PTN yang mencadangkan kursi kosong bagi peserta yang tidak lolos SNMPTN 2021.

"Jadi, misalnya ada calon mahasiswa yang tidak melakukan daftar ulang maka akan digantikan, itu tidak ada. Tidak ada status cadangan, nggak bisa mengisi kursi siapapun," tandasnya.

Urbanreaders, buat kamu yang dinyatakan tidak lulus seleksi jalur SNMPTN Tahun jangan berkecil hati, pasalnya kamu masih diberi kesempatan mendaftar melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mengikuti jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait