beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Semeru Erupsi, Jembatan Penghubung Kabupaten Lumajang dan Malang Putus

Shelly Lisdya,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Semeru Erupsi, Jembatan Penghubung Kabupaten Lumajang dan Malang Putus
Image: Gunung Semeru (Kominfo Provinsi Jawa Timur)

Malang - Jembatan Perak penghubung Kabupaten Lumajang-Kabupaten Malang, ambruk akibat dampak erupsi dan semburan awan panas guguran Gunung Semeru, sehingga arus lalu lintas lumpuh total.

Jembatan Perak yang menghubungkan Kecamatan Pasirian Lumajang ke Kecamatan Dampit, Malang ini merupakan penghubung jalan nasional dan merupakan jalur evakuasi penting. 

"Iya (jembatan Perak putus) akses dari Lumajang ke Malang," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi, Sabtu (4/12/2021). 

Bahkan, hujan disertai abu vulkanik juga terjadi di lima kecamatan Kabupaten Malang dan beberapa kecamatan di Lumajang. 

Serta aliran listrik di Dusun Curah Kobokan Desa Supit Urang, Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning, Candipuro pun sempat padam. 

Sebelumnya, Gunung Semeru tercatat menggugurkan awan panas ke arah Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Dari catatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tampak guguran lava pijar dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Sedangkan dampak erupsi paling parah dirasakan di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Kabupaten Lumajang hingga gelap gulita.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait