beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Seniman Tari Josh Marcy Ramaikan Musim Seni Salihara 2022

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Seniman Tari Josh Marcy Ramaikan Musim Seni Salihara 2022
Image: Pamflet Musim Seni Salihara lewat Performing Spiral

Jakarta - Seniman tari dan juga koreografer Josh Marcy membuka Musim Seni Salihara 2022 melalui pertunjukan bertajuk "Performing Spiral" yang menggambarkan interaksi antar tubuh dan ruang.

Pertunjukan berdurasi 80 menit itu dihasilkan Josh lewat pendalaman dan riset yang panjang terhitung sejak 2018.

"Berawal dari ketertarikan terhadap dialog antar tubuh dan ruang, saya kemudian mencatatkan beberapa material gerak yang signifikan mengenai bagaimana tubuh dan mekanismenya berdialog terhadap ruangnya – baik internal maupun eksternal. Salah satunya adalah gerak spiral,” kata Josh menjelaskan karya terbarunya itu dikutip, Jumat (11/8/22).

“Saya mempelajari dan mengalami bagaimana kemampuan tubuh melakukan gerak rotasi ini merupakan salah satu hal penting dalam membentuk proses rekognisi. Dalam hal ini, gerak spiral membuka akses sirkulasi pada tubuh terhadap ruang di sekelilingnya, serta kemungkinannya untuk berinteraksi dengan tubuh dan subjek lain," lanjutnya.

Sebagai sebuah karya seni "Performing Spiral" tidak hanya hadir sebagai sebuah objek pertunjukan saja melainkan dapat diinterpretasikan sebagai sebuah praktik terbuka dan refleksi tubuh yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Josh pun berharap bahwa karyanya dapat mengundang keterlibatan penonton di dalam praktik ketubuhan spiral dan berinteraksi seturut dengan subjektivitasnya masing-masing baik secara intelektual, sensori, maupun respon kreatif lainnya.

Musim Seni Salihara (MSS) adalah festival dua tahunan yang merupakan kelanjutan dari Salihara International Performing Arts Festival (SIPFest) yang dihelat oleh Komunitas seni Salihara.

Festival seni ini menjadi titik awal bagi Komunitas Salihara kembali menyuarakan semangat berkesenian di luar ruangan setelah dua tahun tertunda akibat pandemi.

MSS 2022 akan hadir selama satu bulan lamanya dan akan tersedia sampai 4 September 2022 mendatang.

Selain Josh Marcy pengunjung bisa menyaksikan karya-karya seniman lainnya secara langsung dengan membeli tiket pertunjukan melalui musimseni.salihara.org yang akan tampil setiap Sabtu dan Minggu dengan harga tiket dimulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 100 ribu.

Tak hanya rangkaian pertunjukan seni, pengunjung MSS 2022 juga bisa menyaksikan pameran "Kelana Boneka" dan seri diskusi "Fokus!".

MSS memiliki visi untuk dapat menghadirkan kebaruan dalam pertunjukan seni yang dikombinasikan dengan bentuk adaptasi terhadap perkembangan teknologi dan situasi.

Dalam MSS 2022, secara khusus disiapkan penampilan sejumlah eksperimentasi dari para seniman boneka kontemporer dan mengapresiasi keragaman teater boneka dan wayang yang sudah hadir begitu lama di Nusantara.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait