Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Sensasi Berenang di Kolam Asin Gua Rangko Labuan Bajo

Shelly Lisdya,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Sensasi Berenang di Kolam Asin Gua Rangko Labuan Bajo
Image: Gua Rangko. (Instagram @santos_wonderfull_laboanbajo)

Jakarta - Indonesia dikenal dengan segudang objek wisata petualangan berupa penelusuran gua dengan kolam alami berair jernih.

Salah satunya adalah Gua Rangko, yang masuk dalam wisata alam Labuan Bajo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Dan terletak di ujung utara dari Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat.

Mengutip laman Portal Informasi Indonesia, apabila kamu akan berkunjung ke sana, kamu bisa melalui jalur darat selama satu jam dengan jalan yang sudah beraspal, meskipun beberapa tempat kondisi sedikit berbatu.

Kamu akan melewati banyak rintangan dan jalan yang terjal saat menuju ke gua. Setibanya di mulut gua, kamu akan kembali diuji dengan melewati titian berupa tangga kayu yang licin untuk turun ke dasar gua yang berbatu sedikit tajam dan licin karena ditumbuhi lumut.

Perjuangan menaklukkan medan terjal dan menantang segera terbayarkan dan kamu akan melihat air terkena paparan sinar mentari yang terefleksi pada dinding gua.

Kamu bisa merasakan air kolam yang sangat jernih hingga membuat bebatuan stalagmit yang berada di dasar kolam terlihat sangat jelas. Apalagi jika ditimpa pendaran sinar matahari hingga dasar kolam di kedalaman empat meter, terlihat sangat indah, guys. 

Meski air berada di dalam gua tetapi rasa airnya asin karena berasal dari air laut yang masuk ke dalam gua melalui celah-celah sempit bebatuan. Saat akan masuk ke dalam kolam dan berenang, harap berhati-hati melangkahkan kaki karena batu-batuan cadas di pinggiran kolam sangat licin. Begitu juga saat sedang berenang, tetap berhati-hati agar anggota badan tidak terkena batuan cadas dan tajam di sekitar kolam dan dikhawatirkan akan melukai kita.

Ketika kamu memutuskan untuk menyudahi berenang di kolam alam dan sekiranya waktu masih cukup, kamu bisa melanjutkan snorkeling di perairan dangkal Pulau Gusung. Sambil menikmati pemandangan koleksi terumbu karang serta kejernihan air dan ikut menyaksikan ikan-ikan hias berenang dengan bebas di sekitar terumbu karang.

Waktu terbaik mengunjungi gua unik ini sebaiknya sebelum pukul 15.00 WIB ya guys ketika matahari masih tinggi agar tidak kemalaman keluar dari Pulau Gusung karena selain tidak ada penginapan, lokasi ini sangat gelap saat malam. Terakhir, tetap dijaga protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran virus corona.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait