beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Sering Cemas dan Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan 4-7-8 Ini

Sering Cemas dan Sulit Tidur? Coba Teknik Pernapasan 4-7-8 Ini
Image: Meditasi latihan pernapasan (Foto: Pexels)

Jakarta - Ada kabar baik untuk Urbanreaders yang sering punya keluhan sulit tidur karena gangguan rasa cemas. Kini, kalian bisa mencoba metode pernapasan 4-7-8 yang disinyalir oleh para ahli dapat membantu kita lebih mudah tidur.

Profesor kedokteran klinis Dr. Raj Dasgupta, di Keck University of Southern California mengatakan, teknik 4-7-8 adalah latihan relaksasi dengan menarik napas dalam 4 hitungan, menahan napas selama 7 hitungan, dan mengeluarkan napas selama 8 hitungan.

Metode ini juga dikenal sebagai 'napas santai' seperti praktik pengaturan napas pada yoga dan dipopulerkan oleh spesialis pengobatan integratif Dr. Andrew Weil pada tahun 2015.

Melansir CNN Health, hasil riset yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan, latihan pernapasan 4-7-8 ini bisa membantu mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang bertanggung jawab memberi instruksi untuk beristirahat sehingga menempatkan tubuh dalam keadaan yang lebih kondusif untuk tidur nyenyak.  

"Itu tidak membuat Anda tertidur, tetapi mungkin mengurangi kecemasan untuk meningkatkan kemungkinan tertidur," kata seorang psikolog klinis, Joshua Tal.

Senada dengan instruktur kedokteran, Rebecca Robbins di Harvard Medical School, mereka yang susah tidur kebanyakan adalah orang-orang yang berusaha untuk tidur karena pikiran mereka dalam kondisi cemas.

Robbins juga menyetujui bahwa teknik pernapasan ini setidaknya memberimu kesempatan untuk berlatih menjadi lebih tenang, karena itulah yang diperlukan sebelum pergi tidur.

Tak hanya itu, penelitian lebih lanjut juga menyebutkan hubungan antara metode 4-7-8 dengan tidur dan manfaat kesehatan lainnya.

"Ada beberapa bukti bahwa pernapasan 4-7-8 membantu mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan insomnia ketika membandingkan sebelum dan sesudah intervensi, namun, tidak ada uji coba kontrol acak besar yang khusus pada pernapasan 4-7-8 sepengetahuan saya," tambah Tal.

Riset lain dilakukan oleh peneliti di Thailand, dengan mempelajari efek langsung dari teknik pernapasan 4-7-8 pada detak jantung dan tekanan darah pada 43 orang dewasa muda yang sehat. Hasilnya, teknik itu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah peserta.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait